Populasi Smartphone Dunia Capai Lebih Dari 1 Milyar Unit

Sebuah lembaga analis mengemukakan fakta terbaru tentang smartphone. Data yang kali ini diungkap oleh Strategy Analytics ialah soal populasi smartphone dunia yang kini jumlahnya mencapai lebih dari 1 milyar unit. Jumlah lebih dari 1 milyar unit tersebut diperoleh dalam kurun waktu hampir 16 tahun. Dan pelopor smartphone pada waktu itu ialah produsen smartphone kedua terbesar dunia yaitu Nokia.


16 tahun silam Nokia memang bisa dibilang sebagai pelopor di industri smartphone. Bahkan Nokia pada tahun-tahun sebelum 2010 menguasai hampir dari separuh jumlah ponsel yang beredar di seluruh dunia. Namun, era smartphone mulai menemukan jalannya mulai awal 2010. Ketika itu Apple yang sudah meluncurkan iPhone generasi pertama pada tahun 2007 harus bersaing ketat dengan gelontoran produk berplatform Android dan bersaing dengan BlackBerry yang saat itu mendominasi.


Pada kisaran 2009 sampai dengan 2010, nama lain yang mendominasi populasi smartphone ialah produsen smartphone asal Kanada yaitu RIM. Blackberry pada tahun 2010 an mempunyai market share yang tertinggi mencapai hampir 40%, walaupun saat ini hanya tinggal 8% saja.

Kini dari populasi smartphone dunia yang mencapai lebih dari 1 milyar unit tersebut, smartphone Android menduduki peringkat pertama dengan jumlah sekitar 54%. Bahkan jumlah perangkat Android yang sudah teraktivasi konon mencapai lebih dari 500 juta unit.

Dengan tren smartphone yang kini jadi gaya hidup di masyarakat, tidak mustahil jika jumlah perangkat smartphone pada tahun depan bisa mencapai angka 2 milyar unit.







source :
fast&cheap