Tips Memilih Game HD Pada HandPhone dan Gadget

Seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone, game mobile di handphone pun kini banyak tersedia. Dan, salah satu daya tarik dari game mobile tersebut adalah game dengan tampilan high definition (HD). Namun, sebelum kita mengunduh sebuah game, ada baiknya beberapa hal yang harus diperhatikan.




Kualitas Prosesor dan Grafis

Hal pertama yang perlu diperhatikan kala mengunduh sebuah game HD adalah kemampuan prosesor dan grafis. Bagi kita yang memiliki perangkat quad core, tentu tidak akan menjadi permasalahan dalam memilih game HD.

Namun berbeda jika memakai prosesor single core. Paling tidak, kecepatan prosesor harus di atas 1GHz. Kita pun bisa menggunakan custom ROM dan ditambah aplikasi SetCPU untuk melakukan overclocking. Namun, overclocking sebaiknya hanya digunakan kala bermain game. Karena terlalu lama memaksa kinerja handphone, hardware bisa ‘capek’.


Sama halnya seperti prosesor, hardware grafis dari handphone pun harus diperhatikan. GPU seperti PowerVR SGX 540, ARM Mali 400 dan Nvidia GeForce akan memberikan tampilan grafis yang menarik bagi perangkat.


Resolusi Layar


Tampilan dari game HD tidak akan maksimal jika handphone atau tablet tidak memiliki resolusi yang tepat. Untuk bisa memainkan secara optimal, paling tidak handphone atau tablet harus memiliki resolusi HD (720 x 1280 piksel). Resolusi tersebut memang biasanya tersedia pada handphone high end. Namun, kalau memiliki handphone dengan resolusi 480 x 800 piksel, rasanya sudah cukup untuk mencoba memainkannya.


Port HDMI


Ketersediaan port HDMI menjadi salah satu faktor lain yang perlu diperhatikan. Dengan adanya port ini, kita bisa memainkan game HD melalui HDTV. So, dengan memainkan game di layar lebar, kita pun akan memperoleh kepuasan tinggi dalam bermain.


Memori

Kinerja prosesor tidak akan maksimal jika tak memiliki memori RAM yang cukup. Kebanyakan game HD sudah cukup bisa dimainkan dengan menggunakan RAM sebesar 512MB, dan alangkah lebih baiknya jika memiliki perangkat dengan RAM 1GB. Selain itu, kapasitas penyimpanan dari handphone dan tablet pun harus tinggi. Karena game-game HD tersebut memiliki file data yang ukurannya kadang melebihi 1GB.


Ukuran Layar


Memainkan game HD dengan ukuran layar yang mungil tentu kurang memuaskan. Untuk kisaran smartphone, ada baiknya menggunakan handphone dengan layar berukuran lebih dari 4 inci. Terlebih saat ini sudah banyak tersedia handphone pintar midend dengan layar berukuran besar yang dijual dengan harga tak terlalu mahal.

Semoga dengan artikel sederhana ini, kita bisa memilih gadget terbaik untuk untuk memainkan game HD.











source :
fastncheap