Bluetooth 4.0 Akan Meledak di Tahun 2013

Standar baru Bluetooth sudah dihadirkan! Sebelumnya tahun 2012 ini sudah ditargetkan sebagai tahun dimana adopsi Bluetooth 4.0 akan mencapai 100% dan bisa dipakai di semua perangkat digital yang beredar, baik smartphone, tablet, PC, notebook, media player dan perangkat digital lainnya. Namun sepertinya jelas terlihat bahwa target tersebut tidak akan tercapai karena baru beberapa vendor saja yang sudah membenamkan standar koneksi baru ini.


Hal ini dikarenakan untuk mendukung Bluetooth 4.0 ini membutuhkan spesifikasi khusus yang memakan biaya yang tak sedikit sehingga hanya produk kelas high-end saja yang saat ini sudah mengadopsi koneksi ini. Apple sendiri merupakan salah satu vendor yang cukup konsisten membenamkan Bluetooth 4.0 ini dalam perangkat terbarunya dimulai oleh iPhone 4S yang diluncurkan tahun lalu. Tahun 2012 ini, semua produk yang diluncurkan Apple sudah dilengkapi koneksi Bluetooth 4.0 baik smartphone, tablet, desktop, notebook hingga music player.

Seperti dilaporkan laman Digitimes, nampaknya tahun depanlah yang akan menjadi tahun dimana Bluetooth 4.0 akan booming. Tahun 2012 akan ada banyak vendor mengikuti jejak Apple dan menerapkan platform baru ini sebagai standar koneksi wireless di perangkat mereka. Microsoft, Research In Motion (RIM), dan Google adalah 3 vendor yang sudah merencanakan akan membenamkan Bluetooth 4.0 dalam perangkat baru yang akan diluncurkan tahun depan, tepatnya pada semester pertama 2013.

Salah satu hal yang memicu keputusan adalah turunnya harga chipset sehingga makin banyak vendor akan bisa membenamkan Bluetooth 4.0 sebagai standar baru di perangkat besutannya. Daya tarik utama dari platform ini tentunya adalah konsumsi tenaga yang lebih rendah sehingga menjadi salah satu nilai jual yang utama.

Pembesut Bluetooth sendiri menyatakan bahwa turunnya harga chipset akan sangat berpengaruh pada popularitas dan boomingnya Bluetooth 4.0. Bahkan mereka akan segera memproduksi Bluetooth 4.0 yang menggunakan single-mode chip dengan biaya hanya US$1/unit. Diharapkan para perusahaan lain juga bisa memperkenalkan produk mereka seperti jam tangan, perangkat navigasi, mainan dan produk digital lainnya yang sudah dibenami dengan koneksi wireless dengan konsumsi daya rendah ini.








source :
jagatreview