5 Rekomendasi Aplikasi Editor Foto Gratis

Mendengar kata editor foto pasti pikiran kita akan tertuju pada sebuah software keluaran Adobe, yaitu Photoshop. Namun sebagai software yang berlisensi seperti pada umumnya, jika kita ingin menggunakannya sebagai editor foto harus mengeluarkan uang untuk membelinya.

Untuk sebagian orang seringkali Photoshop hanya digunakan untuk operasi editing gambar atau foto sederhana. Hal itu bisa jadi menguras penggunaan CPU maupun Memory (RAM), apalagi jika spesifikasi PC atau Notebook kita tergolong menengah kebawah. Tentu kita membutuhkan alternatif aplikasi yang bisa memberikan solusi tentang permasalahan keduanya yaitu gratis dan ringan tentunya.

Berikut ini 5 rekomendasi editor foto gratis dan ringan pilihan :


1. PixBuilder


PixBuilder merupakan sebuah software editor foto gratis (freeware) yang hanya berukuran 3 MB. Meskipun ukuran cukup kecil, tetapi kita dapat menggunakan banyak fungsi kualitas professional. PixBuilder memungkinkan kita untuk menggunakan fungsi manajemen warna seperti kecerahan / kontras manajemen, keseimbangan warna, manipulasi warna, dan fungsi kurva. Kita dapat memanipulasi gambar dengan warna, modifikasi konsep, membatalkan multi-langkah, gradien dan dukungan masker, dan mendukung semua lapisan teks serta menciptakan ilustrasi. Aplikasi ini memang menarik untuk dicoba, terutama bagi yang memerlukan editing yang cepat dan ringan. Untuk mengetahui PixBuilder secara lengkap bisa dilihat di http://www.wnsoft.com/pixbuilder/.
Untuk download aplikasi ini disini.


2. PhotoScape


Salah satu freeware editor foto yang cukup populer di Indonesia. Program yang sangat menyenangkan dan cukup mudah untuk digunakan merupakan salah satu alasannya. PhotoScape memiliki tampilan desain antarmuka yang mudah untuk digunakan. Untuk mengetahui PhotoScape lebih lengkap bisa dilihat di http://www.photoscape.org/.
Untuk download aplikasi ini disini.


3. Paint.NET


Perkembangan dan popularitas aplikasi ini sangat pesat. Bahkan kemampuannya bisa disejajarkan dengan editor foto komersil seperti Adobe Photoshop. Untuk urusan kecepatan dalam  prosesnya, aplikasi ini sangat bisa di andalkan. Namun, Aplikasi ini baru bisa berjalan dengan dukungan Microsoft .NET Framework, karena Paint.NET memulai pengembangannya dengan bantuan tambahan dari Microsoft. Untuk mengetahui Paint.NET lebih lengkap bisa dilihat di http://www.getpaint.net/.
Untuk download aplikasi ini disini.


4. GIMP


Salah satu editor foto yang sering disamakan dengan Photoshop. Ada sebagian orang yang menganggap bahwa GIMP merupakan Photoshop versi open source. GIMP juga sering diidentikan dengan salah satu sistem operasi Linux. Namun, jangan khawatir bagi kalian yang menggunakan sistem operasi selain Linux, tersedia juga installer untuk sistem operasi lainnya seperti Windows dan Mac OS. Untuk mengetahui GIMP lebih lengkap bisa dilihat di http://www.gimp.org/.
Untuk download aplikasi ini disini.


5. Pixia


Untuk ukuran aplikasi editor foto gratis, aplikasi buatan negeri sakura ini tergolong sebagai salah satu aplikasi yang powerfull untuk menghasilkan gambar yang lebih menawan. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi kita yang memerlukan editing yang cepat dan ringan. Untuk mengetahui Pixia lebih lengkap bisa dilihat di http://www.ne.jp/asahi/mighty/knight/.
Untuk download aplikasi ini disini.

Banyak editor foto gratis bertebaran di dunia maya. Yang membedakan hanyalah fitur yang disediakan dari masing masing editor foto. Namun fungsi utamanya tetaplah sama. Oleh karena itu bijaklah untuk memilih editor foto dan sesuaikan kebutuhan. Tak menutup kemungkinan juga banyak editor foto gratis yang lebih bagus dan belum kami ketahui. Untuk itu kami membutuhkan partisipasi pembaca untuk menginformasikan kepada kami dan pembaca lainnya melalui kolom komentar tentang editor foto tersebu.











source :
bisa komputer