Tips Membuat Browser Google Chrome Super Cepat

Browser Google Chrome diklaim Google sebagai browser dengan kemampuan super cepat. Namun tak jarang banyak pemakai Google Chrome akan mendapati bahwa browser yang mereka gunakan tersebut berjalan dengan kecepatan yang tidak diinginkan alias lemot.

Berbagai hal memang mempengaruhi kecepatan tersebut. Dari permasalahan jaringan, virus atau permasalahan browser itu sendiri. Jika masalah yang ada adalah poin ketiga, terdapat hal yang bisa kita lakukan. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dicoba.

Menonaktifkan Plugin


Secara default, saat menginstall Google Chrome, akan terdapat beberapa plugin yang sudah terinstal dan aktif. Untuk mengakses plugin di Chrome, kita perlu mengetikkan kalimat “about:plugins” (tanpa tanda quote) di bar address dan tekan enter.

Setelah itu, akan muncul daftar plugin yang terinstal dalam browser Google Chrome. Sebagai catatan, bahwa sebuah plugin tidak bisa dihapus atau uninstall. Kita hanya bisa menonaktifkan plugin tersebut. Namun kita bisa menguninstall sebuah plugin jika plugin tersebut merupakan bagian dari ekstensi dan kita telah menguninstall ekstensi tersebut.



Nonaktifkan Ekstensi

Ekstensi adalah sebuah program kecil yang bisa diunduh melalui Chrome Web Store. Dengan adanya ekstensi, Google Chrome akan memiliki fitur dan fungsi tambahan. Fungsi ekstensi memang sangat berguna, namun hal ini dapat memberikan efek negatif dalam kecepatan akses internet.

Terkadang sebuah ekstensi mememiliki sebuah tombol yang terdapat pada bar address. Kita pun bisa menghapus dan menguninstallnya dengan cara klik kanan dan memilih menu Uninstall.


Selain itu juga bisa menghapus ekstensi yang ada jika membuka sebuah tab baru. Tinggal klik kanan pada sebuah ekstensi dan pilih menu hapus.


Cara lainnya, tekan tombol settings pada bagian kanan atas Chrome. Selanjutnya pilih Tools > Extensions. Di situ, kita akan melihat deretan ekstensi yang terinstal di browser. Kita pun bisa memilih untuk menonaktifkan atau menguninstallnya.




Membersihkan Data Browsing

Semakin sering online di internet, maka semakin banyak data URL, download history, cookies, teks cache dan lain-lain yang disimpan oleh browser. History dan cache digunakan untuk mengakses situs yang ingin dikunjungi dengan cepat. Namun seiring dengan semakin banyaknya database history, maka hal tersebut akan membuat kecepatan internet menurun jauh. Terdapat beberapa cara untuk menghapus history, dari menghapus semua history hingga menghapus history situs-situs tertentu.

    Membersihkan Seluruh Data History Browsing


Untuk melakukan hal ini, caranya sangat mudah. Hanya tinggal menekan tombol settings > Tools > Clear browsing data.


Di dalam dialog Clear browsing data, kita bisa memilih item yang ingin dibersihkan dan menentukan rentang waktu dari daftar dropdown. Berikutnya tinggal klik Clear browsing data.

    Membersihkan History Situs Tertentu


Untuk melakukan hal ini, caranya juga tidak terlalu sulit. Hanya perlu mengakses Settings > History. Berikutnya akan muncul halaman situs-situs yang pernah dikunjungi dan tinggal pilih history mana yang ingin dihapus.








source :
fast&cheap