Test Kecepatan Aplikasi Ketika di-Eksekusi

Semua aplikasi membutuhkan waktu ketika di jalankan dan membutuhkan ruang resource yang dibutuhkannya. Tapi semua aplikasi tak sama, karena setiap aplikasi yang dijalankan membutuhkan waktu berbeda-beda serta memakan resource yang berbeda-beda pula. Contohnya ketika ingin meng-eksekusi aplikasi di waktu bersama dan waktu kedua.


Jika ingin menguji kecepatan aplikasi untuk di jalankan, tentu bisa di lihat dari task manager sebagai cara manual. Tetapi untuk cara cepat kita menggunakan aplikasi yang sangat sederhana dan ringan di gunakan.

Aplikasi ini bernama Apptimer. Cara kerjanya adalah mendeteksi waktu yang di butuhkan aplikasi hingga aplikasi tersebut siap menerima input dari penggunanya. Setelah itu, AppTimer otomatis menutupnya. AppTimer bisa di download di www.passmark.com/products/apptimer.htm.

1. Setelah download aplikasinya, jalankan file AppTimer.exe untuk mulai menggunakannya.

2. Pilih aplikasi yang ingin diuji, caranya klik kolom Application. Aplikasi yang dapat diuji hanya ber-ekstensi exe.


3. Isikan juga kolom lainnya, yaitu kolom log file yang akan menyimpan semua hasil pengujian ke dalam format txt.


4. Sesuai dengan parameter, program akan terbuka selama beberapa saat kemudian tertutup. Apptimer akan mencatat berapa lama waktu yang di butuhkan untuk melakukannya kemudian menyimpannya ke dalam log file

Untuk melihat hasil pengujian dengan teliti, di sarankan jangan terburu-buru menutup program ini ketika selesai meng-eksekusi. Buka lah file log di lokasi kita mengaturnya. Dalam file tersebut akan ada pengaturannya. Juga, dalam hasil pengujian berupa aplikasi beserta jumlah eksekusinya di ikuti dengan eksekusi setiap kalinya dalam satuan detik. Dari sini, kita bisa membandingkan pengujian pada setiap komputer yang berbeda untuk mengetahui performa aplikasi tersebut.










source :
fast&cheap