13 Tips Jualan Online Supaya Laris Manis

Kamu punya toko online? Apakah produk-produk kamu laris manis di ranah maya? Kalau belum, artinya kamu belum maksimal memasarkan produk-produk secara online. Apalagi saat ini semakin banyak saingan dengan produk yang sama dan harga yang beda tipis siap menghadang kesuksesan kamu. Nah, tampaknya kamu harus mulai mencoba tips-tips baru yang mujarab berikut untuk meningkatkan penjualan toko online. Siapa tau setelah mencobanya nanti, omset penjualan akan meningkat drastis.

Social Network

Facebook, hampir semua orang memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan orang tua kini sudah terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya juga sudah pernah ada Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi untuk sekarang yang sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan kamu punya Fanpage Facebook sendiri yang memajang produk-produk online kamu.


Kelebihan lain dari Facebook adalah tombol share. Kekuatan tombol Share memang benar-benar ajaib,  hanya cukup dengan sekali klik saja, kita bisa mengirimkan promo-promo ke semua orang yang terhubung dengan jaringan. Ini artinya kita menjadi satu langkah lebih dekat dengan para calon konsumen. Selain itu juga ada fitur Like This. Fitur ini baik yang ada di Facebook ataupun di website-website yang terhubung dengan Facebook Connect akan memudahkan produk kita dilirik. Setiap ‘acungan jempol’ yang diberikan pada satu produk, akan meningkatkan kepopuleran produk itu sendiri.

Ada lagi, Facebook Chat namanya, ini bisa membuat kita terhubung langsung dan bisa berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk tapi masih ragu. Saatnya kita ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli produk kita.


Website Mobile

BlackBerry, iPhone dan Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai kesuksesan toko online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh calon konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau kita berada di waktu dan posisi yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka cari di toko online kita. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing akan memperluas wilayah pemasaran kita juga.


Direktori Bisnis Online

Ketika kita bingung bagaimana caranya agar lebih meluaskan domain dari toko online, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online, ada banyak sekali website dimana kita bisa memasang iklan secara gratis sambil memajang produk. Semakin banyak iklan produk kita pasang di internet, semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang kita jual.


Location Based Service (LBS)

Bisnis berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online biasa. Jangan takut mendaftarkan diri ke website yang bisa mengakses keberadaan kita saat ini seperti Koprol ataupun FourSquare. Buat kalian yang belum tau, Koprol dan FourSquare adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan kita saat ini, kota dimana kita tinggal, tempat yang sedang kita kunjungi dan dengan mudah juga bisa update status Facebook ketika berada di kafe atau resto favorit.

Tariklah pelanggan agar mampir ke toko kita. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri, fitur LBS ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. Kalau untuk toko online, kita bisa menawarkan promo – promo kepada para calon konsumen yang sedang berada di dekat lokasi toko kitaa. Banyak calon konsumen yang gampang dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya berdekatan dengan keberadaan mereka saat itu.


Video Streaming

Siapa bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba sesuatu yang baru dengan video streaming online. Kita bisa saja membuat iklan tentang satu produk dan dibuat seperti iklan di televisi, cukup bikin video iklan sederhana dan upload ke Youtube. Tak perlu membuat video yang lama, paling tidak membuat video berdurasi 30 detik sampai 1 menit saja akan membuat katalog produk semakin menggoda. Cara ini sangat cocok untuk produk ponsel ataupun eletronik sehingga para calon konsumen bisa tau fitur apa saja sih yang ada pada ponsel yang akan dibelinya di toko tersebut.


Search Engine Optimization (SEO)

Hanya membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang melakukannya. Agar toko online menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik website kita menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja.


Harga

Baik berjualan secara real ataupun online, harga memang prioritas paling utama, apalagi untuk konsumen yang punya budget pas. Harga mungkin akan menjadi yang paling sering dilirik, karena biarpun produk yang dijual bagus, tapi kalau di toko sebelah, harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan pelanggan. Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online secara berkala, bisa jadi akan membuat kita lebih tahu mengenai kisaran harga yang pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon.


User Friendly

Sederhana, mudah dan minimalis. Rasanya ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di luar negeri. Semakin sederhana, user akan semakin mudah untuk mengakses toko online kita. Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di toko online yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen yang belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online.


Percantik Desain Visual

Visualisasi desain toko online yang bagus, akan membuat ‘cuci mata’ para calon konsumen menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk yang sudah kita sediakan.

Tampilkan juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus mencarinya terlebih dahulu. Mencari tentu akan membutuhkan waktu, sedangkan para calon konsumen bisa saja sibuk dan ingin cepat-cepat membeli apa yang mereka butuhkan saat itu juga.


Resolusi

Resolusi 1024×768, banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja terus menggunakan resolusi tersebut. Padahal saat ini sudah banyak resolusi yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak calon pengunjung yang akhirnya dipaksakan melihat website yang tidak sesuai ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang nyaman berbelanja.

Tak jarang pula kebanyakan website toko online, hanya memasang sedikit produk di bagian kategori. Hal ini rasanya amat mubazir. Karena banyak dari netter malas membuka halaman satu per satu. Para netter lebih tertarik untuk menggeser scroll ke bawah ketimbang harus membuka halaman satu demi satu untuk memilih produk yang dibutuhkannya.

Perbanyak Animasi, Kurangi Loading Time

Poin ini tampaknya agak dilema, dimana kita harus memperbanyak animasi dan mengurangi waktu loading satu halaman website. Perkembangan teknologi website saat ini semakin pesat. Gunakanlah teknologi AJAX, kurangi penggunaan Flash. Bisa dibayangkan ketika kita memasang produk dengan animasi-animasi Flash di dalamnya untuk mempercantik. Sayangnya si konsumen tidak menginstall Flash, maka animasi ini tak akan muncul, justru akan membuat ruang kosong saja nantinya.

Tentu saja animasi AJAX yang ditampilkan ini tidak kalah cantiknya. Dari sekedar menampilkan menu dinamis, konten dinamis sampai menampilkan galeri. Bahkan membuat website lebih ringan dan cepat diakses. Semakin cepat website dibuka, calon konsumen pun akan semakin sering mengunjungi toko online. Mereka akan datang lagi dan datang lagi. Animasi AJAX di sini akan bisa mempercantik website toko online tanpa memberatkan waktu loading page website toko online kita.


Tipografi

Susunan huruf dan tipe huruf, hal kecil memang tampaknya, tapi huruf memerankan peranan sangat besar. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna.

Masih banyak sekali website toko online yang menggunakan huruf-huruf yang aman di browser. Tentunya hal ini membuat para designer terbatas menggunakan huruf. Tak jarang pula, akhirnya huruf ini terpaksa ditempelkan pada gambar agar di browser tetap tampil sesuai yang diinginkan. Hmm, tentu ini bukan solusi yang baik. Untungnya HTML5 sudah mulai unjuk gigi dan memberikan solusi ciamik sehingga menggunakan teknologi seperti TypeKit dapat membantu memberikan kesan yang cocok dari toko online kita. Misalkan kita menjual produk-produk untuk para wanita, maka akan cocok bila menggunakan huruf yang luwes dan terkesan feminin.


Percantik Katalog

Toko online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi halaman ataupun ruang kosong.

Katalog tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat calon konsumen. Kalau kita memasang gambar yang buram dan tidak menarik, pasti tidak akan menarik simpatik konsumen. Tampilkanlah gambar yang semenarik mungkin, dengan tata letak tidak bertabrakan dengan tulisan. Sehingga mata akan betah untuk berlama-lama menatapnya.

Tunggu apalagi? Segeralah praktekkan tips-tips di atas supaya toko online kalian menjadi laris manis di pasaran.









source :
fast & cheap