Extraterrestial Armies – Game FPS dari Iran


Asia mungkin merupakan benua terbesar dan paling ramai di dunia, tetapi sayangnya dengan kontribusi game yang masih terbatas di industri game. Selain Jepang, Korea Selatan, dan China, hampir tidak ada negara Asia lain yang mampu mengembangkan konten yang cukup kuat untuk menarik perhatian dunia. Walaupun demikian, bukan berarti negara-negara Asia yang lain tidak tertarik untuk menjalani proses kreatif yang lebih serius di industri yang satu ini. Setelah Vietnam yang sempat tampil memukau lewat proyek game FPS perang mereka – 7554, kini giliran negara Islam – Iran yang berusaha membuktikan diri. Mereka mempersiapkan sebuah game FPS bertema futuristik – Extraterrestial Armies (ET Armies).

Dari judul gamenya saja, kita tentu sudah bisa memiliki gambaran tentang tema dan musuh yang akan dihadapi di game FPS yang satu ini. Dikembangkan oleh studio game Iran – Raspina, ET Armies memang tampil cukup berbeda dibandingkan game-game FPS yang biasanya dikembangkan oleh para developer Barat. Salah satu yang cukup menarik untuk diperhatikan adalah kehadiran setting dengan suasana historis Persia yang lebih kental. Lewat trailer perdana yang dirilis, kita bisa mengintip sedikit tentang game yang rencananya akan rampung akhir tahun ini. Visualisasi patut untuk diacungi jempol, sinematic event yang tampil baik, namun dengan beberapa elemen yang masih terlihat kasar – terutama animasi gerakan dan AI musuh.


Ingin segera menjajalnya? Raspina sendiri belum memberikan keterangan resmi tentang tanggal rilis dan platform yang akan diusung. Walaupun masih belum sempurna, namun apa yang berusaha dicapai oleh Iran dengan ET Armies ini tentu saja menjadi semacam tolak ukur dan motivasi bagi negara-negara Asia yang lain, termasuk Indonesia. Jika negara Islam dengan berbagai peraturan dan sensor ketat saja mampu menghasilkan produk kreativitas seperti ini, mengapa Indonesia dengan kebebasan yang lebih tidak bisa? Semoga saja suatu saat Jagat Play akan berkesempatan, dengan penuh rasa bangga, memberitakan sebuah game buatan anak-anak Indonesia yang berhasil menarik perhatian dunia.










source :
jagatplay