Tips Mengurangi Kebiasaan Ketergantungan Terhadap Gadget


Gadget adalah salah satu benda wajib dalam kehidupan. Namun bilamana kita ketergantungan terhadapnya? Berikut tips untuk menguranginya.

Perangkat elektronik gadget entah apapun wujudnya : smarphone, tablet, laptop, iPod, dan masih banyak lagi sejatinya memiliki fungsi yang sama. Benda elektronik tersebut memudahkan pekerjaan manusia dan meningkatkan produktivitas mereka dalam hidup. Tetapi, tidak sedikit dari pengguna gadget yang saat ini cenderung berketergantungan. Imbasnya, mereka pun lupa waktu.


Dan berikut lima tips yang bisa kita coba untuk mengurangi ketergantungan akan benda elektronik canggih tersebut.

Mintalah Pendapat Teman dan Pasangan
Mintalah pendapat mereka. Apakah perilaku kita selama ini dengan gadget mengganggu atau mengusik mereka? Jika iya maka kita harus mengubah perilaku ber-gadget ini. Jangan sampai hubungan yang telah dibina rusak karenanya.

Ubah Dengan Aturan
Jika pasangan dan teman mengeluh akan perilaku ber-gadget kita yang menurut mereka mengganggu, maka segera ubahlah. Jika tak bisa mengubah perilaku ini secara langsung, maka buatlah sebuah aturan. Misal: hanya menggunakan gadget di ruang tamu.

Jauhkan dari Tempat Tidur
Salah satu aktivitas ber-gadget yang paling instens adalah di kamar tidur khususnya di atas tempat tidur. Secara kesehatan aktivitas ini sangat berbahaya. Sebab dapat meningkatkan resiko kanker akibat pancaran frekuensi radio elektromagnetik.

Stop Keinginan Untuk Membeli Gadget Model Terbaru
Teknologi berjalan sangat cepat. Khususnya perkembangan gadget. Kadang ponsel baru bisa muncul tiap sebulan sekali! Nah, bagi kalian yang pecinta gadget sejati, pasti akan sangat gatel untuk memiliki model terbaru. Stop kebiasaan buruk ini.

Lakukan Puasa Gadget
Puasa gadget, mungkinkah? Sangat mungkin. Tak hanya menahan lapar dan dahaga, menahan menyentuh gadget bisa mengurangi ketergantungan ini. Misalnya pergilah berlibur. Satu atau dua minggu tanpa membawa gadget apapun (kecuali telepon). Atau misalnya hanya bisa menyentuh gadget di atas jam 11 malam.








source :
sidominews