FreeMind, Software Gratis Terbaik untuk Mind Mapping

Banyak teknik-teknik manajemen waktu, manajemen belajar atau yang lainnya, namun salah satu teknik yang paling sering dipakai adalah cara memetakan pikiran / mind mapping. Dengan cara mind mapping kita bisa mengatur prioritas, anak masalah, dan hal-hal penting lainnya. Namun di zaman yang serba canggih ini cara membuat mind mapping dengan menulis sudah kuno, maka dari itu hari ini banyak sekali software-software mind mapping yang bertebaran, namun hanya satu yang powerfull dan gratis. Yaitu Freemind.


Freemind adalah mind mapping software yang cukup powerfull yang membuat mind mapping kita menjadi lebih organized, cepat, mudah dan tentu saja murah (gratis). Freemind berbasis opensource, dan kita tidak perlu membelinya untuk mendapatkan dan menggunakannya.

Freeware ini dapat dibuat untuk mencurahkan ide dan membuat konsep tentang sesuatu, dimana ide-ide dapat ditulis, ditata, dikembangkan dan dihubungkan. FreeMind juga dapat digunakan sebagai tree editor yang dapat membuat tree yang dapat dilipat dan diperkaya dengan warna, ikon, bentuk awan, dan bentuk lainnya dari sebuah catatan teks biasa. Hal ini sangat membantu dalam pembuatan peta pikiran, misalnya bentuk awan dapat digunakan untuk mengelompokkan ide-ide yang saling berhubungan, warna yang berbeda dapat digunakan untuk menandai tugas yang sudah dikerjakan dan yang belum dikerjakan, ikon dapat digunakan untuk menandai tingkat prioritas, dan sebagainya. Untuk mengunduhnya bisa anda ambil di http://sourceforge.net/projects/freemind/files/freemind/0.9.0/FreeMind-Windows-Installer-0.9.0-max.exe/download.

Berikut ini adalah bidang-bidang yang dapat dibantu oleh Freemind, antara lain :
  1. Information, FreeMind membantu mengelola informasi, dengan kemampuan membuat pautan (link) ke berkas-berkas yang berkaitan, berkas yang dapat dieksekusi, dan berbagai sumber informasi. 
  2. Knowledge Based, FreeMind membantu mengelola catatan-catatan berukuran kecil atau menengah, dengan link di beberapa tempat yang dapat berkembang jika diperlukan. Kumpulan catatan-catatan seperti ini sering disebut sebagai basis pengetahuan. 
  3. Essay, FreeMind dapat membantu dalam penulisan essay atau karya ilmiah dan pencurahan ide-ide, menggunakan warna-warna untuk menunjukkan essay mana yang sedang, telah selesai, atau belum mulai dikerjakan. 
  4. Project, FreeMind membantu memantau perkembangan suatu proyek, meliputi sub-subtugas, tahap-tahap perkembangan pengerjaan subtugas, dan pencatatan waktu. 
  5. Internet Based Research, FreeMind membantu dalam melakukan riset/penelitian menggunakan Internet, misal Google atau sumber yang lain. 
  6. Database, FreeMind membantu memelihara basis data kecil dari sesuatu dengan struktur yang sangat dinamis atau tidak diketahui secara lanjut. 
  7. Bookmarked Internet, FreeMind membantu mengelola catatan favorit di Internet atau bookmark dengan menggunakan warna dan font yang bermakna bagi kita.
Dan beberapa poin dibawah ini adalah sebagian tips untuk menggunakan freemind.
  1. Memulai dari Tengah, karena posisi tengah memberikan keleluasaan bagi kerja otak dan mengekspresikan diri lebih besar dan alami. 
  2. Gunakan Gambar, karena 1 gambar mewakili seribu kata. 
  3. Gunakan warna, karena warna-warni menarik perhatian otak dan meningkatkan kreatifitas berpikir. 
  4. Gunakan garis melengkung, karena garis lurus membosankan otak. Dan hubungkan antara gambar utama dan cabang-cabangnya. 
  5. Buatlah kata kunci perbaris, sehingga akan lebih meningkatkan kreatifitas.
Berikut ini sedikit contoh dari Freemind,

Screenshot ketika Freemind baru dibuka.

Contoh freemind yang digunakan untuk manajemen belajar.

Beberapa icon yang dapat digunakan untuk mendukung tampilan dari freemind.

Dengan software mind mapping ini tentunya sangat menambah keefektifan kerja kita, mulai dari mengerjakan proyek, riset hingga menghafal rumus. So, kita tidak perlu susah-susah lagi menuliskannya diselembar kertas. Cukup dengan download Freemind segala masalah tersebut bisa diatas.








source :
fast & cheap