10 Game Paling Menarik Perhatian di E3 2012


Salah satu ajang eksibisi terbesar di industri game – Electronic Entertainment Expo (E3) 2012 telah menawarkan kejutan melebihi ekspektasi para gamer. Selain tiga produsen utama: Microsoft, Sony, dan Nintendo yang menampilkan segudang fitur baru dan game-game eksklusif, dua publisher raksasa: EA dan Ubisoft juga menyelenggarakan event mereka sendiri dan memperkenalkan berbagai seri lanjutan dan judul game baru yang akan bergabung di masa depan. Dengan begitu banyaknya game yang “berkompetisi” untuk menjadi yang terbaik di E3 2012, game mana saja yang terhitung paling berhasil menarik perhatian dunia?

Memilih 10 dari berpuluh-puluh game berkualitas yang diperkenalkan di E3 2012 ini memang bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Kualitas menjadi sebuah indikator yang tidak sekedar menggambarkan popularitas seri baru dari franchise yang sudah sukses, tetapi lebih kepada kemampuan untuk menawarkan elemen-elemen unik yang belum pernah dicapai dan ditawarkan oleh franchise game lain sebelumnya. Keunikan ini bisa dari segi gameplay, musik, konsep, bahkan visualisasi sekalipun. Secara menakjubkan, ajang E3 tahun ini menawarkan cukup banyak “kualitas” seperti ini. Namun harus diakui, hanya beberapa saja yang memiliki kekuatan untuk membuat hasrat dan adrenaline kamu sebagai gamer berpacu kencang. Game-game seperti inilah yang kami kategorikan sebagai yang paling menarik perhatian.

Lantas, 10 game apa saja yang paling menarik perhatian di ajang E3 2012 ini?

10. Need For Speed: Most Wanted 2


Seperti yang sudah pernah dirumorkan sebelumnya, Electronic Art secara resmi memperkenalkan versi reboot dari Need For Speed: Most Wanted, yang tidak hanya datang dengan visualisasi baru yang lebih mumpuni, tetapi juga mekanisme gameplay yang “diklaim” lebih menarik. Campur tangan Criterion yang melahirkan franchise Burnout menghasilkan atmosfer gameplay serupa yang kentara. Need for Speed: Most Wanted 2 datang dengan konsep open-world racing dan Racing Without Rules – dimana kamu dapat menghancurkan begitu banyak objek, mencari jalan rahasia, dan merusak mobil lawan yang ada. Selain itu, EA juga menjanjikan pengalaman multiplayer yang lebih baik dan konsisten.

9. God of War: Ascension


Kratos hadir kembali dalam sebuah seri game God of War: Ascension. Franchise eksklusif Playstation 3 ini memang akan menjadi prekuel yang menceritakan kisah Kratos sebelum seri God of War pertama. Mengapa seri ini begitu menarik? Walaupun trailer terbaru yang diperlihatkan di E3 2012 ini tidak memperlihatkan banyak hal yang baru dari segi gameplay, namun Ascension tetap mampu menghadirkan atmosfer epik yang selama ini membuat banyak gamer jatuh hati padanya. Kratos tetap datang dengan brutalitas dan gaya-gaya serangan yang memanjakan mata. Tidak perlu diragukan lagi, Ascension memiliki kualitas yang pantas untuk diantisipasi. 

8. Assassin’s Creed III


Apa yang menarik dari AC III? Bukankah ia kini menjadi franchise tahunan yang selalu menawarkan konsep permainan yang serupa? Sikap skeptis yang sama juga sempat kami luncurkan ketika Ubisoft pertama kali memperkenalkan seri yang akan mengusung karakter utama – Connor ini. Namun nyatanya, E3 2012 memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang seri terbaru ini. Dunia dan timeline baru yang diusung di AC III memberikan kebebasan ekstra bagi Ubisoft untuk membangun elemen dan gameplay yang selama ini tidak bisa mereka lakukan di zaman Ezio dan Altair. Hasilnya? Kamu bahkan bisa merasakan epicness tersendiri hanya dari trailernya saja.
 
7. HALO 4


Konferensi pers E3 yang diselenggarakan Microsoft tahun ini memang harus diakui, terkesan hambar. Bagaimana tidak? Hampir tidak ada “hal baru” yang mereka tawarkan selain konsep XBOX SmartGlass yang masih tumbuh dalam sebatas konsep. Lantas bagaimana dengan game nya sendiri? Microsoft “hanya” menghadirkan Gears of Wars dan HALO sebagai senjata utama mereka untuk merebut pasar dalam beberapa tahun ke depan. Namun harus diakui, 343 Industries yang ditunjuk oleh Microsoft untuk menangani seri HALO 4 berhasil melakukan tugas yang superb. Lewat trailer gameplay yang ada, HALO 4 tampil memesona lewat balutan visualisasi yang jauh lebih mumpuni dibandingkan seri-seri sebelumnya. Dan seperti yang sudah dapat diprediksikan sebelumnya, Master Chief tetap memperlihatkan kharisma dan kemampuan perang yang pantas untuk diacungi jempol. Sayangnya, ada segudang game lain yang mampu dengan mudahnya “meredupkan” bintang HALO 4 tahun ini.
 
6. ZombiU


Dari semua game yang ditawarkan oleh Nintendo di ajang E3 2012, hanya ZombiU yang mampu tampil sebagai sebuah game eksklusif Wii-U yang menarik. Selain memanfaatkan fungsi gamepad Wii-u yang unik secara maksimal, ZombiU juga tampil sebagai sebuah game yang menarik dari sisi gameplay. Berbeda dengan sebagian besar game zombie yang berbeda di industri game saat ini, ZombiU menawarkan “realisme” sebagai unsur utama yang dijual. Kamu bisa melihatnya sebagai sebuah game kombinasi antara Left 4 Dead + Dead Island + Demon Soul. Demon Soul? Salah satu game tersulit tersebut? Benar sekali, mengusung slogan “How Long Can You Survive?”, kamu hanya butuh satu gigitan Zombie untuk menikmati layar game-over di ZombiU. Wow!

5. Lego City: Undercover


Jika kamu termasuk gamer yang menganggap remeh seri game LEGO hanya karena tampilan “buruk” yang mereka tawarkan, maka ini tentu akan menjadi saat yang tepat untuk menghilangkan prejudice tidak sehat tersebut. Seri-seri game LEGO yang diadaptasikan dari seri komik dan film terbaik di industri hiburan justru mampu tampil menyenangkan dan adiktif. Pada press con yang diselenggarakan oleh Nintendo kemarin, LEGO memperlihatkan sebuah konsep game yang jauh lebih menarik dibandingkan seri-seri game yang pernah mereka luncurkan sebelumnya. Adalah LEGO City: Undercover yang memungkinkan kita untuk terlibat dalam petualangan dan mekanisme gameplay ala LEGO yang kental, hanya saja kini dalam konsep open-world ala GTA. Menjelajahi kota yang dibangun dengan LEGO dengan paduan gameplay yang adiktif? Considered it SOLD!

4. Beyond – Two Souls


Quantic Dreams, untuk sekali lagi berhasil memukau semua gamer yang sempat menyaksikan press con E3 2012 kemarin. Sebagai developer yang kental dengan hasil karya game dengan sistem gameplay yang unik, visualisasi yang indah, dan plot dramatis yang menggugah emosi seperti Heavy Rain, Quantic Dreams membawa sebuah karya baru yang memesona – Beyond. Dengan menggunakan engine baru yang lebih realistis dengan model karakter – Allan Page, Beyond memang layak untuk diantisipasi. Dengan plot penuh misteri dan aksi, Beyond sudah dapat dipastikan akan mendulang kesuksesan dan pujian yang tinggi seperti halnya Heavy Rain di masa lalu. Luar biasa!

3. The Last of Us


Banyak gamer yang penasaran ketika Naughty Dog, sang developer di balik kesuksesan seri Uncharted mengumumkan seri game survival horror mereka – The Last of Us. Setelah disuguhi dengan screenshot dan trailer cerita sepanjang tahun, Naughty Dog akhrinya memperlihatkan sisi gameplay dari game yang akan menceritakan fenomena biologis – Cordyceps yang unik tersebut. Hasilnya? Luar biasa. Berbeda dengan sebagian besar game action yang terlihat begitu kaku, The Last of Us memperlihatkan sisi action yang begitu hidup, dengan beragam gerakan aksi yang beragam. Atmosfer yang sunyi dan menyeramkan juga terbangun dengan kesan bertahan hidup yang kental. Sisi terbaiknya? AI Ellie yang akan menemani perjalanan kamu ternyata cukup pintar untuk mengambil keputusan-keputusan krusial, terutama ketika sedang terdesak. 

2. Star Wars 1313


Jika kita membicarakan sebuah game Star Wars, kita seolah dapat memprediksikan konsep gameplay apa yang akan dihadirkan. Memang harus diakui, sebuah game Star Wars selalu identik dengan karakter utama seorang Jedi atau Sith, atau karakter dengan kebebasan untuk memillih salah satu dari kedua kubu ini. Namun hal ini ternyata tidak berlaku untuk seri Star Wars terbaru dari Lucas ArtsStar Wars 1313. Kamu akan berperan sebagai seorang Bounty Hunter dengan kesan gameplay yang lebih mengarah pada genre third person shooter dengan sistem cover dan sinar-sinar laser yang berterbangan. Salah satu keunggulan utama dari Star Wars 1313? Tentu saja kualitas grafis nya yang luar biasa. Dalam salah satu demo gameplay pertama yang diperlihatkan, Star Wars 1313 memang datang dengan visualisasi super memukau yang akan membuat gamer manapun jatuh cinta pada pandangan pertama.
 
1. Watch Dogs


Siapakah yang menjadi raja di ajang E3 2012 kali ini? Tidak perlu diragukan lagi, tahta ini berhak untuk menjadi milik Ubisoft lewat demo gameplay seri game terbaru mereka – Watch Dogs. Game yang satu ini memang nyaris “sempurna”. Berperan sebagai seorang hacker dengan tampilan ala Sherlock Holmes di masa modern, kamu akan memiliki kemampuan untuk mengendalikan setiap teknologi yang berada di kota, dari lampu lintas hingga jalur kereta secara real-time untuk menyelesaikan setiap misi yang ada. Visualisasi yang luar biasa dalam balutan dunia open-world yang tertata indah seolah menjadi penguat impresi pertama Watch Dogs yang menakjubkan! Tidak perlu diragukan lagi, inilah game terbaik di ajang E3 2012 ini! Sebuah game yang benar-benar layak untuk diantisipasi.






source :
jagatplay