4 Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Komputer

Sebelumnya kita sudah membahas tentang Memilih Komputer Yang Cocok untuk Anda atau sesuai dengan kebutuhan. Sebagai lanjutannya, kamu mungkin berpikir tentang fitur yang diperlukan. Akan tetapi, pembelian komputer yang tepat melibatkan lebih dari sekadar menentukan apa ukuran monitor atau berapa banyak memori yang dibutuhkan. Dengan begitu banyak jenis komputer, fitur, toko, dan harga komputer, kamu harus membuat banyak keputusan sebelum siap untuk menuju toko komputer. Singkatnya kamu butuh pertimbangan sebelum membeli komputer.


Berikut ini adalah empat tips untuk membantu kamu sebelum belanja komputer :
  • Pengetahuan Komputer Kamu. Banyak toko memiliki tenaga penjualan dengan pengetahuan yang dapat memberikan informasi yang berguna tentang produk, tetapi banyak dari  informasi komputer ini adalah produk khusus. Perlu diketahui bahwa tujuan utama tenaga penjual adalah membuat penjualan, bukan membuat kamu pintar komputer, karena itu penting untuk mengenal dengan baik apakah komputer itu, apa fasilitas yang dibutuhkan termasuk sistem operasi, prosesor, hard drive, dan memori. Kamu mungkin perlu membaca artikel-artikel tentang Komputer yang baik untuk membantu menentukan kebutuhan komputer kamu.
  • Pilih Lokasi Belanja Secara Bijak. Ada banyak lokasi untuk membeli komputer. Namun bukan hanya masalah komputer yang akan dibeli, tetapi di mana kamu memilih untuk membelinya. Beberapa pilihannya adalah :
  1. Pengecer Komputer Lokal.
  2. Jaringan Toko Elektronik.
  3. Superstore.
  4. Diskon Pengecer Online.
  5. Iklan Baris atau Reseller.
  6. Dealer Resmi Produk.
Dengan semua pilihan ini, bagaimana akan memilih? Pikirkan keuntungan dan kerugian dari masing-masing. Jangan tergiur dengan toko dengan tawaran harga terendah. Pertimbangkan untuk bertanya kepada teman yang punya pengalaman baik berbelanja pada suatu toko komputer.

Misalnya, jika tidak pernah membeli komputer sebelumnya, kamu mungkin ingin dukungan ekstra yang dapat memberikan informasi dari pengecer komputer lokal, jaringan toko elektronik, dan terutama produsen berbasis web misalnya Dell. Discount online dari pengecer mungkin saja kamu peroleh tetapi bagaimana dengan layanan purna jualnya? Bisa jadi mereka tidak memberikan dukungan yang memadai dalam keputusan besar ini. Penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari setiap lokasi pembelian yang kamu pilih.

  • Mengerti Harga Komputer. Iklan dirancang untuk menarik pembaca, tetapi mereka tidak selalu mudah dipahami. Lebih jauh lagi mereka tidak selalu sesuai dengan yang dijanjikan. Jadi berhati-hatilah dengan bujukan harga rendah. Telitilah iklan dari setiap perusahaan komputer yang kamu kunjungi sebelum mulai berbelanja. Tanyakan kepada dirimu apakah harga tersebut sudah logis?. Hal ini penting untuk diingat karena terlepas dari harga akhir, “setelah diskon” penjualan berarti bahwa kamu harus memiliki sejumlah rupiah pada saat pembelian. Bacalah dengan seksama rincian harga yang mereka buat pada daftar produk dan harga ecerannya. Sebaiknya kamu mengetahui minimal harga komputer satu minggu terakhir sebelum pergi belanja komputer.
  • Hati-Hati dengan Biaya Tersembunyi. Apa yang dimaksud harga komputer tersembunyi? Jika akan membeli komputer apalagi untuk pertama kalinya, jangan hanya memikirkan harga komputernya yang 3 juta rupiah saja. Selain komputer, apakah sekarang kamu sudah punya printer? Sudah punya speaker aktif komputer? Stabilizer? Hal-hal seperti ini harus dimasukkan dalam anggaran belanja. Jika kamu ingin memperbanyak naskah, apalah artinya membeli komputer jika printer tak punya? Semua itu akan membuat kamu mengeluarkan uang lebih dari kisaran harga perkiraan.
Beberapa biaya yang juga tersembunyi :
  1. Layanan purna jual.
  2. Upgrade Software.
  3. Upgrade Memori.
  4. Software Anti-virus.
  5. Biaya untuk mengkonfigurasi komputer dan menginstal software anti-virus serta program aplikasi yang anda butuhkan nantinya.
Memilih dan membeli komputer dapat menjadi proses yang sangat rumit. Tetapi jika memperhatikan keempat tips ini, kamu akan dapat membawa pulang sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan dan masih berada dalam rentang harga jangkauan. Ingatlah bahwa meskipun toko menjalankan transaksi penjualan dan waktu yang terbatas, kamu tidak perlu merasa terburu-buru untuk membuat keputusan. Pasar komputer kompetitif dan akan selalu ada di suatu tempat penjualan lain. Jaga mata agar tidak tergoda pada iklan agar kamu bisa belanja sesuai kebutuhan.






source :
agussale.com