Apa dan Bagaimana Teknologi Mobile 4G

Teknologi mobile 4G adalah nama yang diberikan ke generasi berikutnya perangkat mobile seperti ponsel. Perangkat ini mulai hadir setidaknya dari satu provider di beberapa negaara bagian AS pada tahun 2009. Belum ada suatu standar industri yang disetujui tentang 4G mobile, jadi untuk sekarang ini 4G mobile hanyalah sebuah istilah pemasaran saja.

Penggunaan G, menunjukkan generasi dalam teknologi mobile meliputi kemajuan utama dari 20-30 tahun terakhir. 1G melibatkan teknologi telepon mobile pertama tersedia secara luas. Teknologi 2G, yang dimulai pada awal 1990-an, beralih ke format digital dan pesan teks. Teknologi 3G meningkatkan efisiensi bagaimana data dilakukan, sehingga memungkinkan untuk membawa layanan informasi yang meningkat seperti website dalam format aslinya. IPhone terbaru adalah contoh yang paling terkenal teknologi 3G.

4G mobile belum memiliki aturan standar yang disepakati, sehingga fitur-fiturnya yang muncul saat ini hanya untuk tujuan bukan untuk memenuhi sebuah persyaratan. 4G mobile secara drastis meningkatkan kecepatan transfer data dan menggunakan keamanan yang lebih tinggi. Tujuan lain adalah untuk mengurangi blip dalam transmisi ketika perangkat berpindah diantara area yang tercakup dalam jaringan yang berbeda. 4G jaringan mobile juga menggunakan jaringan berbasis pada sistem alamat IP yang digunakan untuk internet.


Di Amerika Serikat, ada dua sistem utama menggunakan teknologi mobile 4G. Salah satunya adalah dikenal sebagai WiMAX dan didukung oleh Clearwire, sebuah perusahaan yang didominasi pemilik Sprint Nextel. Mulai diuji dilayanan negara Baltimore pada tahun 2008 dan ditetapkan untuk dilempar ke pasar yang besar di tahun 2009. Sprint menargetkan untuk memasok ke 80 kota-kota pada akhir tahun 2010.

Rival dagang dari Nextel adalah Long Term Evolution atau LTE, sebagai pendukung utama Verizon. 4G mobile diharapkan akan siap untuk pengujian pada tahun 2010, tetapi tidak tersedia untuk digunakan secara luas sampai dengan tahun 2012. LTE diharapkan dapat mengatasi mahalnya perangkat 4G ini dengan menawarkan kecepatan yang lebih cepat dan memproduksi peralatan lebih murah.

Tidak seperti generasi teknologi mobile sebelumnya, mobile 4G akan banyak digunakan untuk akses internet di komputer serta komunikasi seluler telepon. Pelanggan di daerah-daerah yang memiliki jangkauan 4G yang kuat akan dapat menggunakannya untuk koneksi broadband rumah yang tidak memerlukan kabel untuk rumah tangga mereka. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengakses internet bergerak tanpa harus berada di hotspot nirkabel seperti yang ditawarkan oleh beberapa kedai kopi, bandara dan perpustakaan.







source :
qbonk.com