25 Tahun Evolusi Sebuah Telepon Genggam


Masih ingat telepon genggam yang pertama kali kamu gunakan, terutama pada tahun 1990-an? Perkembangan telepon genggam semakin pesat setiap tahunnya. Tidak hanya fiturnya saja yang berkembang, tetapi juga desainnya semakin berbeda dengan telepon genggam di tahun awal pembuatannya. Dulu telepon genggam masih menggunakan keypad, sekarang sebagian besar telepon genggam menggunakan layar touch. Di Jepang sendiri, NTT DoCoMo mengadakan sebuah pameran yang akan membuat kita bernostalgia tentang bagaimana sebuah telepon genggam jaman dulu berevolusi menjadi telepon genggam yang kerap kita kenal sebagai smartphone.


Dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-20 tahun NTT DoCoMo, perusahaan provider telepon genggam di Jepang, NTT DoCoMo menaruh lebih dari 611 telepon genggam untuk dipamerkan pada Designers Week di Tokyo, Jepang, yang diadakan sepanjang minggu ini.  Dalam sebuah display case yang besar dan panjang, NTT DoCoMo memamerkan berbagai desain telepon genggam dari tahun 1987 hingga tahun 2012.

mobile phone (TZ803B)released in february 1989 | image © designboom

Desain awal telepon genggam pada tahun 1987 adalah sebuah telepon genggam besar dengan keypad standar. Kemudian pada tahun 2004, Motorola mengeluarkan seri RAZR yang berdesain flip phone. Sepanjang tahun itulah, kebanyakan telepon genggam menggunakan desain flip juga. Lalu pada tahun 2007, Apple mengeluarkan iPhone yang menggunakan layar touch yang kemudian populer dan seperti yang bisa kita tebak, sebagian besar telepon genggam kini juga berlayar touch seperti iPhone.

Kamu penasaran dan ingin melihat jejeran 611 buah telepon genggam yang dimaksud? Tak perlu khawatir, kami akan memaparkan fotonya pada gambar di bawah ini.

image © designboom, NTT DoCoMo















source :
jagatreview