10 Game Paling Menyita Perhatian di E3 2011

Tidak ada hal yang lebih menyenangkan bagi seorang gamer selain mendapatkan informasi terbaru tentang game-game yang sudah lama mereka tunggu. Apalagi informasi ini juga datang dengan berbagai kejutan yang boleh dibilang “menggugah selera”. Semua hal menyenangkan seperti inilah yang kemudian menjadikan E3 atau Electronic Entertainment Expo sebagai salah satu event yang paling ditunggu oleh para gamer. Bahkan boleh dikatakan sebagai kiblat untuk mendapatkan rujukan game apa saja yang akan meramaikan jagat game hingga tahun 2012 mendatang.

E3 tentu saja bukanlah sebuah event sempurna dimana semua developer besar pasti ikut serta di dalamnya. Ada beberapa game yang justru tidak hadir di event ini, namun tidak sedikit pula yang muncul tiba-tiba dan mengejutkan. Satu hal yang pasti, E3 menjadi ajang terbaik yang dimiliki para manufaktur konsol untuk menunjukkan kebolehannya masing-masing. Mereka tidak hanya membicarakan fitur terbaru apa saja yang akan mereka hadirkan di dalam konsol dan perangkat yang mendukungnya, namun juga game-game eksklusif yang akan dihadirkan.

Harus diakui ada memang ada banyak game yang diperkenalkan pertama kali di ajang E3 2011 dan tidak sedikit yang mendapatkan update informasi terbaru di sana. Sayangnya, tidak semua game tersebut menarik perhatian sebagian besar gamer. Banyak game yang tidak mampu memberikan impresi pertama yang tepat sehingga seolah tidak memperlihatkan kualitas yang sesungguhnya. Jadi, game apa saja yang harus kamu perhatikan di ajang E3 2011 ini? 10 game ini akan kamu nantikan.

10. Rocksmith




Game-game yang menawarkan sistem permainan yang berbasis rhytmn memang bukan hal baru lagi di jagat game. Sebut saja Guitar Hero, Rock Band, hingga DJ Mania yang boleh terbilang mencapai tingkat kesuksesan yang luar biasa. Kali ini Ubisoft hadir dengan konsep permainan yang tidak jauh berbeda namun dengan elemen pendukung yang luar biasa unik. Jika biasanya Anda memainkan game rhytmn dengan kontroler khusus berbentuk gitar, Anda kini dapat memainkan game rhytmn terbaru Ubisoft – Rocksmith -  dengan gitar sungguhan. Tantangan yang diberikan juga tak ubahnya memainkan sebuah gitar biasa.

9. Tomb Raider Reboot



Crystal Dynamics mampu menawarkan impresi pertama yang mengagumkan di ajang E3 2011. Pada presentasi bersama dengan Microsoft dan XBOX 360, gameplay pertama Tomb Raider Reboot diperlihatkan kepada dunia. Lara Croft yang baru menginjak usia 21 tahun benar-benar dihadapkan pada situasi antara hidup dan mati. Setting bergerak lebih gelap dengan penuh adegan sinematik di sana-sini. Tomb Raider Reboot berhasil mencuri hati para gamer. Sebuah kesempatan untuk mencicipi franchise besar dalam bentuk yang baru.

8. Far Cry 3




Tidak ada yang menyangka bahwa Far Cry akan menjadi kejutan terbesar dari Ubisoft. Game FPS dengan konsep open-world ini memang menyaring cukup banyak penggemar fanatik dari seluruh dunia. Konsep alam liar dengan perperangan senjata api menjadi nilai jualnya yang terbaik. Kini Far Cry kembali memasuki seri ketiganya dengan tantangan dan setting alam yang baru.

7. Need for Speed : The Run




Nama Need for Speed di jagat gaming memang sudah menancap kuat di hati para gamer. Hampir semua seri yang lahir dengan mengusung nama NFS berhasil mencatatkan pendapatan yang luar biasa. Apalagi seri Hot Pursuit dan Most Wanted yang mengombinasikan balapan dengan elemen aksi yang mampu memompa adrenalin hingga tingkat maksimum. Kali ini EA memperkenalkan seri NFS terbaru dengan konsep yang belum pernah dilihat sebelumnya. Tidak hanya berfokus pada balapan, kamu juga akan mengendalikan seorang karakter – sang pengemudi dalam berbagai langkah aksi interaktif ala Heavy Rain. Sebuah konsep yang pastinya akan membuat plot yang hadir semakin kuat.

6. Ryse 




Belum banyak yang bisa dibicarakan tentang Ryse. Namun game yang mengusung sudut pandang first person ini memang harus diakui mampu menampilkan impresi pertama yang baik. Sebagai salah satu game “serius” Kinect, Ryse menawarkan kesempatan bagi para gamer untuk terlibat secara langsung untuk menggerakkan aksi sang karakter utama. Ryse tampil semakin memesona karena game ini digarap oleh Crytek dengan engine grafis mereka yang mumpuni, CryEngine.

5. Mass Effect 3




Kehadiran Mass Effect 3 yang akan berpusat pada perang di bumi memang bukan berita baru. Berbagai media online sudah mengupas dengan cukup “tuntas” game ini sejak diumumkan pertama kali. Jika semua elemen keterkejutan itu seolah hilang begitu saja, maka dukungan Kinect untuk game ini menjadi sesuatu yang pantas diperhitungkan kembali. Dengan dukungan voice recognition pada Kinect, kamu kini bisa terlibat dalam pembicaraan dengan setiap karakter AI yang ada. Opsi yang biasanya dipilih dengan kontroler kini dapat dibaca. Apalagi kamu kini dapat memerintahkan AI di dalam tim untuk melakukan aksi tertentu lewat perintah suara.

4. Elder Scrolls V: Skyrim




Walaupun tidak masuk ke dalam jajaran developer yang mengumumkan game baru mereka bersama dengan para manufaktur konsol, Bethesda tetap menghadirkan lebih banyak bocoran gameplay menawan dari Elder Scrolls V: Skyrim. Sebuah gameplay yang akan membuat kamu semakin yakin bahwa inilah game yang akan menyita waktu-waktu kamu di akhir tahun nanti.

3. Call of Duty: Modern Warfare 3




Call of Duty: Modern Warfare 3 ditampilkan sebagai demo pembuka presentasi Microsoft di E3 2011. Dalam demo dimana kita berperan sebagai “Frost”, Activision memperlihatkan dramatisasi khas Modern Warfare yang tampaknya tidak akan pernah usang. Misi berjalan dengan gameplay yang tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya, namun setting perang dunia ketiga yang dibawa berhasil digambarkan dengan sempurna. Kota yang hancur, rudal yang berterbangan, dan perang dalam skala besar menjadikannya begitu epik.

2. Battlefield 3




Senjata pemungkas EA untuk mengalahkan Activision terletak pada pundak Battlefield 3. Setelah teaser awal yang memesona lewat balutan grafis yang mengagumkan, EA memperlihatkan sedikit bocoran permainan yang akan dihadirkan oleh Battlefield 3. Dengan engine frostbite 2.0 yang berjalan maksimal, kamu akan merasakan atmosfer perperangan yang nyata. Setiap keputusan taktis militer yang sifatnya desktruktif (misalnya membunuh Sniper dengan menghancurkan gedung) bisa Anda lakukan di sini. Pada demo singleplayer, kamu akan melihat salah satu pertarungan antar tank paling epik yang pernah saya saksikan.

1. HALO 4






Hidupnya kembali Master Chief secara tiba-tiba, tanpa rumor apapun yang mengitarinya mungkin menjadi momen paling mengejutkan bagi sebagian besar gamer di dunia. Teaser yang dihadirkan di penghujung konferensi pers Microsoft ini memperlihatkan Master Chief dan Cortana yang selama ini diperkirakan mati, ternyata mampu bertahan hidup. Walaupun sedikit sekali plot yang bisa ditangkap di sini, namun berita HALO 4 benar-benar mengguncang dunia.

Dari 10 game yang paling mendapatkan perhatian di ajang E3 2011, game mana yang paling mendapatkan perhatian Anda?





source :
jagatreview