Kumpulan Antivirus Portable Untuk Windows

Jika berbicara tentang keamanan komputer Windows, mungkin hal yang paling pertama kali muncul di benak kita adalah virus dan antivirus. Dengan banyaknya antivirus yang tersedia dan siap untuk kita download terkadang mejadi bingung untuk memilih antivirus yang terbaik.


OS Windows sendiri juga telah memberikan antivirus yang bernama Microsoft Security Essentials. Dari semua antivirus yang tersedia kebanyakan mengharuskan kita untuk menginstallnya terlebih dahulu agar dapat digunakan. Ini berarti kita tidak dapat membawa antivirus tersebut ke dalam sebuah media portable seperti USB Flash disk, Memory Card dan lainnya.

Antivirus Portable terkadang menjadi pilihan jika berniat untuk menggunakannya pada komputer orang lain yang sedang mengalami derita terkena virus. Jika kamu sedang mencari antivirus portable yang hendak digunakan dan dapat dibawa dan disimpan di media portable seperti USB Flash disk, Memory Card dan lainnya, berikut beberapa pilhan yang dapat digunakan.


Trend Micro HouseCall

Trend Micro HouseCall dapat dengan cepat mengidentifikasi dan memperbaiki berbagai ancaman termasuk virus, worm, trojan, dan spyware. AV ini sekarang lebih cepat, lebih kuat dengan browser independen. HouseCall membutuhkan koneksi intenret untuk men-downloadnya dan menscan komputer dari Virus.


ClamWin Portable

ClamWin Portable merupakan versi lain dari antivirus populer ClamWin, namun dalam bentuk portable sehingga memudahkan untuk dibawa kemana-mana. Kita dapat menyimpannya di USB flash disk, HHD portable atau didalam CD.


Dr.Web CureIt

Sebuah portable freeware antivirus lainnya yang men-scan komputer dari infeksi firus tanpa harus diinstall, Dr.Web CureIt! dapat mendeteksi dan memperbaiki juga menghapus sejumlah rootkits, trojan horses, spyware, dan file berbahaya lainnya. Antivirus Portable Dr.Web CureIt! dapat digunakan pada komputer dengan OS Windows 2000/XP/2003/Vista/2008/Windows 7 (32bit dan 64-bit).


Avira AntiVir Removal Tool

Avira AntiVir Removal Tool antivirus portable untuk windows dan juga merupakan freeware yang dapat menghapus seumlah virus seperti Worm/Sober.P, Worm/Sober.Y, Worm/Sober.J dan Worm/Stanit.A.


Spybot Search and Destroy

Spybot - Search & Destroy salah satu aplikasi populer yang dapat digunakan untuk mendeteksi dan menghapus spyware juga malware dari PC. Antivirus portable ini juga dapat digunakan untuk membersihkan dan memperbaiki masalah registry.


SUPERAntiSpyware

SUPERAntiSpyware memiliki fitur scan dan engine untuk menghapus virus, dan mengkalim jika antivirus portable ini dapat mendeteksi dan menghapus lebih dari 1,000,000 spyware dan malware yang menginfeski komputer. Saat pertama kali di-download SUPERAntiSpyware akan sudah memiliki defenisi antivirus terbaru jadi kita tidak perlu lagi koneksi internet untuk mendownload update terbarunya.


Kaspersky Virus Removal Tool

Kaspersky mungkin bukan barang baru buat kita. Kaspersky juga menyediakan versi portable dari antivirusnya yang disebut dengan Kaspersky Virus Removal Tool.


eScanAV Anti-Virus Toolkit

eScanAV Anti-Virus Toolkit juga disebut sebagai MWAV adalah utilitas gratis yang dapat digunakan untuk memindai dan membersihkan virus, spyware, adware dan malware lain yang mungkin telah menginfeksi komputer Windows. eScanAV Anti-Virus Toolkit tidak memerlukan instalasi dan dapat dijalankan langsung dari mana saja pada komputer. AV Portable ini kompatibel dengan Windows 2000, XP,Vista, Windows 7 & Windows 2008 32 & 64-bit.


Mx One

Mx One satu lagi antivirus portable yang dirancang untuk melindungi perangkat removable media seperti USB flashdisk, iPod, mp3 player, mp4 player, SD card, microSD, dan lainnya


VIPRE Rescue

VIPRE Rescue adalah sebuah aplikasi command-line yang akan men-scan juga membersihkan komputer yang terinfeksi dari virus. Aplikasi ini dikemas ke dalam sebuah file self-extracting executable (.exe) yang akan meminta pengguna untuk melakukan “unpack” terlebih dahulu untuk menentukan lokasi instalasi, kemudian baru dapat melakukan pemindaian dan melakukan scan yang mendalam. Aplikai ini dapat dijalankan dari flashdisk


Norman Malware Cleaner

Kita dapat menggunakan Norman Malware Cleaner untuk memindai dan membersihkan komputer dari virus, trojan dan jenis malware lainnya. Alat ini cukup sederhana dan mudah untuk digunakan. Tidak hanya mendeteksi namun juga dapat menghilangkan sejumlah program berbahaya dari komputer. Ukuran file downloadnya cukup besar sekitar 100MB dan sudah dilengkapi dengan definisi virus terbaru untuk menscan komputer.


Emsisoft Emergency USB Stick

Emsisoft Emergency USB Stick  berisi dua program yang berguna yang dapat digunakan untuk memindai dan membersihkan komputer yang terinfeksi dengan cepat tanpa instalasi: Emsisoft A Squared Free dan Command Line Scanner. Dengan Emsisoft A Squared Free kalian sudah mendapat Scanner Emsisoft yang kuat termasuk user interface yang simple. Aplikasi ini dapat mencari file yang mengifeksi komputer seperti trojans, spyware, adware, worms, dialer, keyloggers dan program berbahaya lainnya.

Kumpulan Antivirus Portable yang disebutkan diatas bukan merupakan sebagai pengganti antivirus yang sudah terinstall di komputer. Dan Antivirus tersebut tidak diurutkan berdasarkan terbaik dan terburuk. Jika kamu mengetahui ada lagi antivirus portable bagus dan mungkin antivirus terbaik lainnya, dapat menambahkannya di form komentar.







source :
kaskot