Film Dahsyatnya Letusan Krakatau

Tahu kan Gunung Krakatau yang terletak di selat Sunda ? Saat ini gunung tersebut memang sudah tidak ada. Namun, kedahsyatan letusan gunung yang terjadi pada tahun 1883 lalu masih menjadi cerita yang tak terlupakan hingga sekarang. Ledakannya setara dengan 200 megaton TNT, atau setara dengan 13.000 kali dari bom atom yang di jatuhkan di Hiroshima.

Korban tewas yang tercatat pada saat itu mencapai 36.417 jiwa, 165 pemukiman juga hilang. Letusan Krakatau juga memicu terjadinya tsunami dengan tinggi gelombang mencapai 100 kaki yang terasa hingga Hawaii dan pantai barat Amerika, sebuah jarak yang bagi banyak orang belum pernah terbayangkan sebelumnya karena saking jauhnya. Kapal yang sedang berada di Afrika Selatan konon sampai terhempas gara-gara tsunami yang bersumber dari ujung Pulau Jawa ini.

Ada lagi rekor yang dibuat Krakatau: suara ledakkan terdengar sampai Perth di sebelah Timur yang berjarak 3,110 kilometer dan di sisi barat penduduk di Rodrigues, dekat Mauritius yang berjarak 5,000 kilometer bisa mendengar “desahan” Krakatau. Ini berarti sekitar seperdelapan penduduk planet bumi bisa mendengar Krakatau sedang mengamuk dahsyat.

Usai ledakan, planet ini sempat gelap tertutup abu vulaknis yang menutupi atmosfer. Sinar mentari tidak mampu menembus tebalnya debu yang beterbangan. Adapun jarak semburan abu vulkanis dari Krakatau mencapai radius 1.500 mil.

Untuk mengetahui gambaran peristiwa letusan Gunung Krakatau tersebut, Discovery Channel merilis sebuah film yang menceritakan terjadinya letusan terdahsyat di dunia tersebut.


Krakatoa ( The Last Day), film yang menceritakan tentang letusan Krakatau yang terjadi di akhir abad 19. Dalam film ini diceritakan bagaimana awal mula Krakatau meletus, terjangan gelombang Tsunami yang dahsyat, hujan abu vulkanis, ledakan kedua Krakatau yang sampai bisa membuat orang yang mendengarnya tuli dan banyak lagi peristiwa tentang dahsyatnya kekuatan alam ini.

download film Krakatoa ( The Last Days )