Cita Rasa Linux XP

Pasti kita semua sudah tidak asing lagi mendengar kata Linux. OS satu ini memang mempunyai keunikan tersendiri mengingat platformnya yang berlisensi Open Source, sehingga kita bisa mengkostumisasi atau memodifikasi sesuai kehendak kita. Mungkin bagi sebagian besar pengguna komputer, terkhususnya para "Newbie" akan sangat awam dalam menggunakan OS satu ini.

Namun kekhawatiran untuk tidak bisa menggunakan OS satu ini untuk para pemula akan segera hilang. Jika kita sehari-hari selalu berkutik dengan OS buatan Microsoft, semisal XP, Vista atau Seven, maka Linux pun memberikan "Cita Rasa" barunya dengan Linux XP. Adapun tujuan dari Project Linux yang satu ini adalah untuk mengenalkan kemudahan dalam pengoperasian Linux bagi para pengguna komputer tingkat pemula yang dihadapkan pada mahalnya OS buatan Microsoft.

Meskipun mempunyai tampilan interface yang sangat mirip dengan Windows XP, kita jangan banyak berharap akan menemukan platform system yang sama pula. Basic Linux XP ini sendiri merupakan pengembangan dari Fedora Core yang dikembangkan di Rusia, yang mempunyai arsitektur Processor i386. Adapun Default dekstop dari tampilan Linux XP ini masih menggunakan GNOME yang terakhir dirilis pada 2008. Namun jangan khawatir, biarpun sudah dua tahun berlalu dari waktu terakhir diluncurkan, penyesuaian system masih dilakukan hingga pada tahap RC1(build 31) tahun ini.

Antarmuka Layaknya Windows XP.
Antarmuka grafis dari system yang cukup fungsional dan serupa dengan interface Windows. Control Panel, Fungsi Menu dan penyesuaian khusus File Manager Nautilus membuat pekerjaan Anda lebih nyaman dan efektif.

Logon Window.

Anda dapat menggunakan karakter Username yang mengandung simbol non-ASCII. Dengan kata lain Anda dapat memberi nama pengguna di Language. Karakter spasi pada Username Anda juga dapat diterima.

3D Dekstop.

Anda dapat mengaktifkan 3D-desktop dengan berbagai efek grafis yang akan membuat desktop Anda semakin unik.

Control Panel.
Manajemen semua fungsi dasar dapat diakses di Control Panel. Anda tidak perlu merefleksikan semua fitur dari sistem. Semua penyesuaian terkonsentrasi pada Control Panel. Utilitas Penyesuaian memiliki antarmuka intuitif yang jelas. Banyak utilitas dalam interface ini sebisa mungkin mendekati utilitas yang serupa di Windows.

Windows Networks Connectivity.

Anda dapat dengan mudah berbagi folder/file Anda di jaringan lokal dengan tiga klik mouse. Terdapat juga Wizard untuk memudahkan integrasi Active Directory untuk pengguna korporat. Ini adalah Linux Integration Service (LIS) klien yang tertanam di Linux XP Desktop. LIS memungkinkan properti obyek dan Security Elements Management dari Active Directory.

Advanced Security Features.



Dalam sistem Linux XP, Anda dapat membuat crypto-folder khusus yang isinya akan dienkripsi dengan sandi Anda. Melalui fungsi ini Anda dapat melindungi data rahasia pada komputer desktop dan notebook dari akses yang tidak sah. Akses ke katalog file Anda hanya bisa dilakukan oleh para user yang mengetahui password pada folder yang telah dienkripsi.

Dukungan untuk Format File Populer.
  • Archiever mendukung rar dan-zip file, yang dibuat di Windows, yang mengandung simbol non-ASCII pada nama file.
  • OpenOffice 3.1 dengan dukungan untuk kedua format file OOXML dan ODF.
  • Dukungan untuk semua file multimedia (mp3, dvd, VMA, dll).


Download Linux XP Torrent ISO