Tips-Tips Ringan Windows 7

Kehadiran Windows 7 memang cukup cepat dalam menggantikan posisi Windows Vista. Banyak PC dan Notebook baru langsung dibundling dengan Windows 7 walaupun hanya sebatas Starter Pack Edition. Pada Windows 7 banyak memberikan fitur menarik yang terkadang terlewati. Berikut ada beberapa tips ringan buat para pengguna Windows 7.

1. Menambah Video pada Start Menu.
Jika kamu sedang mencari cara yng lebih cepat untuk mengakses video, maka Windows 7 memiliki jawabannya. Klik kanan tombol Start, kemudian pergi ke Properties->Start Menu->Costumize dan set video untuk "Display as a link", sekarang kamu sudah mempunyai akses video cepat pada Start Menu.

2. Shift Jendela dari Satu Monitor ke Monitor Lain.
Jika kamu menggunakan dua monitor atau lebih, mungkin kamu ingin memindahkan Windowsdari monitor satu ke yang lain. Ada cara yang sangat sederhana untuk melakukannya. Yang harus kamu lakukan adalahtekan tombol Windows Key + Shift Key + panah kiri atau kanan, tergantung pada monitor mana yang kamu pilih.

3. Custom Tombol Daya.
Ada pilihan untuk menggantikan tombol "Shutdown" dengan tombol peritah lain. Jika kamu jarang mematikan komputer dan lebih sering me-restart atau memilih perintah sleep. Klik kanan pada tombol Start, masuk ke Properties dan pilih "Power Boot Action" untuk memilih pilihan yang disediakan.

4. Mudah Tambahkan Font Baru.
Menambahkan Font baru lebih mudah dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya. Tinggan klik dua kali Font yang akan kamu tambahkan dan kamu akan melihat tombol instal.

5. Atur Jendela Vertikal.
Kamu dapat meregangkan jendela aktif secara vertikal dengan tinggi tampilan maksimaldengan menekan tombol Windows + Shift + panah atas. Tekan Windows + Shift + panah turun untuk mengembalikannya.

6. Buka Windows Explorer.
Tekan tombol Windows + E untuk membuka jendela explorer secara cepat.

7. Membuat Icon Instant Baru di Taskbar.
Tekan Windows key + tombol 1 untuk membuka instant baru di taskbar. Hal ini akan sangat membantu jika kamu ingin berpindah secara cepat dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya.

8. Windows Action Center.
windows Action Center menawarkan informasi penting tentang komputer kamu, seperti status antivirus, upgrade dan menyediakan fitur penjadwalan backup. Untuk mengaksesnya, pergi ke Control Panel->System and Security->Action Center.

9. Mengatasi Masalah di Platform Windows.
Platform ini dapat membantu kamu memecahkan banyak masalah yang mungkin akan dialami, seperti koneksi internet, perangkat keras, sistem kinerja yang buruk dan banyak lagi. Kamu dapat memilih pilihan mana untuk memecahkan masalah dengan beberapa penjelasan yang dapat membantu kamu. Ada banyak pilihan, bimbingandan informasi yang tersedia disana. Klik tombol Windows dan ketik "troubleshoot" atau "fix" untuk mengaksesnya.

10. Matikan Sistem Notifikasi.
Sistem pemberiyahuan biasanya mengganggu dan tidak selalu berguna, sehingga kamu mungkin ingin melakukan beberapa perubahan dai notifikasi ini.
Hal ini dapat dilakukan dengan mengklik icon Notification Area pada Control Panel. Disitu kamu bisa mengubah notifikasi dan ikon untuk Action Center, Network, Volume, Windows Explorer, Media Center, Tray Applet atau Windows Automatic Update.

11. Turn Off Pesan Keamanan.
Untuk menonaktifkannya, pergi ke Control Panel->System and Security->Action Center->Change Action Center Setting dan kamu bisa menonaktifkan beberapa pemberitahuan berikut : Windows Update, Internet Security Settings, Network Firewall, Spyware and Related Protection, Windows Backup, Windows Troubleshhoting dan Check for Update.

12. Rotasi Program Aktif via Menu Taskbar.
Ini bekerja seperti Alt + Tab, tapi membuka menu tepat diatas sidebar, tampaknya cukup berguna dan lebih cepat. Cobalah dengan menekan Windows key + T.

13. Jalankan Programpada Mode Administrator.
Kamu dapat dengan mudah menjalankan program sebagai Administrator dengan menekan Ctrl +Shift danbuka aplikasiyang diinginkan.

14. Atur Icon Dekstop Otomatis.
Kamu sekarang bisa melupakan klik kanan->Auto Arrange. Yang harus kamu lakukan adalah tekam F5 sebentar dan icon akan otomatis mengatur.

15. Mengenkripsi USB Removable Drives.
Enkripsi drive Usb belum pernah lebih mudah. Sekarang kamu bisa klik kanan pada drive removable lalu pilih "Turn on Bitlocker".

16. Nonaktifkan Pengaturan Windows Smart.
Jika kamu tidak menyukai fitur baru Windows 7 yang mengatur Windows secara cerdas, ada cara mudah untuk me-nonaktifkannya. Tekan Windows key, ketik Regedit, pergi ke :
HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Dekstop. Pada kolom kanan pilih WindowArrangementActive (set ke 0). Setelah itu reboot komputer kamu.

17. Membuat Disk Perbaikan System.
Windows 7 mempunyai fitur dan tool yang memungkinkan kamu dapat membuat Bootable System Repair Disk yang termasuk beberapa System Tools dan Command Prompt. Untuk membuat itu, tekan Windows key dan ketik "System Repair Disk".






source :
tabloid Komputek
edisi 712 Februari 2011