6 Cara Melindungi Komputer dari Keylogger

Keylogger telah menjadi masalah besar saat ini karena tidak memerlukan pengetahuan komputer untuk dapat menggunakannya. Jadi pada umumnya hacker menggunakan keylogger mencuri password atau data rahasia lainnya. Berikut adalah beberapa metode di mana kamu bisa melindungi komputer dari keylogger.

1. Gunakan Antivirus yang bagus.
Ini adalah langkah awal dan dasar yang perlu anda ambil untuk melindungi komputer anda dari keylogger. Gunakan antivirus yang baik seperti Kaspersky, Avira, Norton atau McAfee dan update secara teratur.

2. Gunakan Antispyware.
Karena pada dasarnya keylogger adalah bagian dari spyware, dan jika anda sering menggunakan internet, maka anda sangat rentan terkena keylogger dan sypware. Jadi anda harus menggunakan antispyware yang baik seperti NoAdware.


3. Gunakan Antilogger.
Antiloggers adalah program yang mendeteksi keberadaan keylogger pada komputer anda. Banyak Software antilogger yang bagus dapat anda gunakan, contoh seperti Zemana Antilogger.
Biasanya keylogger dapat dengan mudah dideteksi oleh program Antivirus yang bagus, tapi hacker menggunakan beberapa metode seperti hexing, binding, crypting dan teknik yang serupa untuk membuat lebih sulit untuk dideteksi oleh program antivirus. Dalam hal ini Zemana Antilogger berguna sebagai program yang khusus dikembangkan untuk melindungi sistem Anda terhadap keylogger yang berbahaya.

4. Scan Online.
Bila Anda pernah menerima file yang mencurigakan, Anda dapat melakukan scan dengan scanner online seperti virustotal.com yang memindai file Anda dengan 41 mesin antivirus dan melaporkan kembali kepada anda jika file tersebut diakui sebagai suatu virus atau spyware. Hal ini memastikan bahwa tidak ada program berbahaya dapat melarikan diri dari karena ada 41 mesin antivirus yang berbeda yang terlibat dalam proses pemindaian/scan file anda.

5. Sandboxie.
Sandboxie adalah program lain yang bagus untuk membantu anda melindungi komputer  dari keylogger berbahaya dan spyware. Sandboxie berjalan di komputer anda di ruang terisolasi yang mencegah program anda membuat perubahan yang permanen ke program lain di komputer anda. Bila anda pernah menerima file yang terlihat mencurigakan, jalankan program dengan Sandboxie sehingga bahkan jika itu adalah keylogger atau virus lain maka tidak akan membuat perubahan permanen ke sistem komputer anda.

6. KeyScrambler.
KeyScrambler adalah salah satu perlindungan terbaik terhadap keyloggers yang dapat anda miliki, KeyScrambler adalah sebuah program kecil yang mengenkripsi penekanan tombol saat anda mengetik di keyboard, sehingga bahkan jika seseorang telah memasang keylogger di sistem anda, ia akan mendapatkan kunci yang dienkripsi. KeyScrambler saat ini mendukung Firefox, Internet explorer dan aplikasi lain, namun versi premium mendukung lebih dari 160 aplikasi.








source :
kasurkotor.com