10 Tips Menjaga Hard Disk Eksternal


Harddisk eksternal beberapa tahun belakangan ini menjadi fenomena di kalangan pengguna komputer. Keuntungan harddisk eksternal ini sendiri adalah mobilitasnya. Kamu dapat membawa harddisk berkapasitas besar dengan dimensi yang relatif kecil untuk digunakan dalam proses tukar-menukar file. Harga harddisk eksternal yang semakin lama semakin murah juga menambah daya tarik produk ini.

Namun, kegunaannya sebagai produk yang mobile tentu membawa resiko tersendiri. Harddisk eksternal memiliki kerentanan yang tidak jauh berbeda dengan harddisk biasa. Pada artikel kali ini, kami mencoba untuk memberikan beberapa tips untuk memperlakukan harddisk eksternal dengan benar. Tips yang kami berikan kali ini didasarkan atas pengalaman mengelola harddisk sehari-hari. Kami berharap dengan adanya tips di bawah ini, penggunaan hard disk eksternal akan memiliki umur yang lebih panjang. Jika ada tips yang belum kami tulis, kami sangat berharap ada masukan lagi pada bagian komentar di bawah.


1. Selalu Gunakan Opsi "Save Remove Hardware"
Langkah ini memang terkesan sepele dan sering dilupakan oleh pengguna. Bahkan, banyak pengguna sendiri yang mengakui bahwa hal ini tidaklah penting. Saat kamu menancapkan harddisk eksternal dan mulai mentransfer data, banyak data yang belum tertulis dengan benar pada piringan harddisk tersebut. Data-data tersebut masih tertinggal di cache memori.  Bila kamu selesai menggunakan hard disk eksternal, selalu pilih opsi “Safe Remove Hardware”. Dengan mengklik opsi ini, semua data yang ada pada cache memory akan dihapus sehingga data yang ada pada hard disk tidak akan rusak saat mencabut kabel USB-nya. Opsi ini sangatlah penting. Pada beberapa hard disk eksternal, gagalnya penulisan data dapat menyebabkan Master Boot Record rusak dan menyebabkan hard disk harus di format ulang.


2. Jangan Terbanting
Berbeda dengan flashdisk, harddisk eksternal masih memiliki komponen mekanik di dalamnya. Komponen ini sangat rentan terhadap benturan. Saat terjadi benturan yang keras pada harddisk, pasti akan mengganggu komponen mekanik tersebut. Tidak sedikit kasus harddisk yang terbanting mengakibatkan isinya menjadi amburadul. Sebenarnya, kamu bisa mengakali hal ini dengan membeli hard disk yang memiliki fasilitas tahan banting. Walaupun begitu, tetap saja harus menjaga hard disk dari benturan yang berlebihan.


3. Jauhkan dari Cairan
Tersiram air? Mungkin hal ini terdengar lucu bagi beberapa orang. Akan tetapi, banyak juga kasus hilangnya data harddisk akibat tercebur atau tidak sengaja tersiram minuman. Saat memakai harddisk eksternal, usahakan tidak menaruh benda dengan cairan di dekatnya. Tentunya, air adalah musuh bagi benda elektronik, bukan?


4. Jauhkan dari Benda Bermagnet
Selama harddisk masih memakai komponen mekanik, maka harddisk akan tetap rentan terhadap gerakan paksa. Sebuah magnet dapat secara paksa menarik komponen mekanik dalam harddisk. Hal ini  dapat merusak sistem kerja harddisk tersebut. Tidak hanya itu, platter yang ada di dalam harddisk pun bisa rusak karena adanya medan magnet.


5. Gunakan Kabel "Y" agar Mendapat Pasokan Listrik yang Baik
Banyak hard disk eksternal yang tidak dilengkapi USB dengan jenis kabel Y (dua kepala). Memang, menggunakan USB dengan kabel Y terlihat repot. Akan tetapi, kabel dengan jenis ini berguna saat kamu menancapkan harddisk eksternal pada sebuah komputer yang ternyata USB slot-nya sudah tidak memiliki alur listrik yang masih baik. Kurangnya pasokan listrik dapat merusak kerja sebuah benda elektronik. Di sinilah kabel Y berperan. Tancapkan kedua kepala kabel Y untuk mendapatkan alur listrik yang baik.


6. Jangan Terlalu sering Mencabut-Pasang Kabel USB
Benar! Walaupun seyogyanya harddisk eksternal akan sering digunakan pada banyak komputer, namun, sering mencabut pasang kabel USB akan membuat konektor USB tersebut menjadi aus. Gesekan terhadap tembaga dapat membuat kepala konektor menipis  sehingga tidak terjadi kontak antar tembaga yang baik. Hal ini dapat membuat pasokan listrik dan arus data menjadi terganggu dan dapat merusak kontroler.


7. Hindari Menempatkan Harddisk di tempat yang sering Bergetar
Getaran berlebihan dapat mengganggu kerja mekanik harddisk. Bahkan tidak sering terjadi error baca dan tulis data di hard disk tersebut. Hal ini dapat berujung pada harddisk yang berhenti bekerja. Oleh karena itu, jauhkan dari tempat yang sering bergetar.


8. Pastikan Harddisk Mendapat Aliran Udara yang Baik
Bagaimana maksud dari poin yang satu ini? Saya sering melihat beberapa orang menaruh harddisk eksternal di atas bantal saat dioperasikan. Tidak hanya itu saja, beberapa pengguna masih ada yang tetap menggunakan pouch bawaan yang tebal saat mengoperasikan harddisk. Jika hard disk eksternal tidak memiliki solusi disipasi yang baik, harddisk yang ada di  dalamnya tentu akan menjadi panas. Harddisk yang memiliki panas berlebih dapat menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, usahakan untuk membuka pouch bawaan harddisk terlebih dahulu saat ingin digunakan. Selain itu, pastikan harddisk mendapatkan aliran udara yang cukup.


9. Cabutlah Kabel USB dengan Menarik Kepala Konektornya
Jika kamu menarik kabel USB langsung pada kabelnya, hal ini dapat menyebabkan putusnya kabel, baik kulitnya yang berada di luar maupun kumpulan kabel yang ada di dalam kabel USB tersebut. Konektor USB sengaja dibuat tebal agar dapat ditarik oleh para penggunanya.



10. Gunakan Posisi yang tidak Mengganggu Posisi Konektor USB
Saat kabel USB tertancap pada harddisk eksternal dan pada sebuah slot USB di komputer, usahakan posisinya tertancap dengan benar. Kabel USB yang tertancap pada posisi miring dapat menyebabkan kerusakan pada USB tersebut. Kebanyakan kasus adalah membuat longgarnya sebuah slot USB. Hal ini tentunya akan sama hasilnya dengan poin 6 di atas.

Satu lagi tambahan dari kami: Backup! Selalu backup data-data yang ada di harddisk eksternal tersebut, terutama untuk data-data yang penting. Bila kamu menggunakan harddisk eksternal ini untuk aktivitas transfer data secara mobile, resiko kehilangan data pasti akan selalu ada. Untuk itu, sekali lagi kami ingatkan untuk selalu mem-backup data-data kamu.

Tips-tips di atas berlaku untuk harddisk eksternal. Jika kamu memakai sebuah SSD, cara perawatannya akan berbeda lagi, karena SSD tidak rentan terhadap benturan.






source :
jagatreview