Re-Enable : Aktifkan Fitur Windows yang Hilang

Virus, adalah sesuatu yang sangat menggangu pada sistem komputer. Sering kali virus menyebabkan data-data penting hilang. Bahkan ada jenis virus yang menyebabkan sistem menjadi corrupt sehingga komputer tidak dapat melakukan booting ke windows.

Apa yang kita lakukan saat komputer terinfeksi virus dan tidak memiliki antivirus yang paling update? Satu-satunya cara adalah membuka Task Manager dan segera mematikan proses virus tersebut. Namun dampak setelah komputer terkena virus cukup banyak sehingga beberapa setingan Windows tidak bisa diakses, termasuk Task Manager.


Untuk memperbaiki setingan tersebut, kita bisamemanfaatkan freeware Re-Enable. Denga hanyansatu klik saja, maka berbagai seting Windows yang tidak dapat diakses karena dampak virus akan dikembalikan ke keadaan semula.

Re-Enable adalah software sederhana yang dapat mengaktifkan kembali fungsi di Windows seperti Task Manager, Run, Regedit, Command Promp (CMD), FolderOption dan System Restore. Penggunaannya pun sangat mudah, karena tidak ada keahlian khusus ketika menggunakannya. Bisa dikatakan sebagai software petolongan pertama pada komputer kamu saat terinfeksi virus. Kamu tinggal memberikan tanda chech (centang) pada fitur yang akan diaktifkan dan kemudian klik Enable. Maka selanjutnya semua fitur Windows tersebut akan muncul kembali.

Namun sebelum menggunakan software ini, pastikan komputer sudah bebas dari virus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena jika virus masih aktif di komputer, maka setelah diaktifkan dengan Re-Enable, kemungkinan seting akan diubah lagi oleh virus.

Re-Enable dikembangkan dengan Microsoft .Net Framework. sehingga untuk menjalankannya, maka pada komputer harus sudah terinstal Microsoft .Net Framework 3,5 SP1 atau yang lebih tinggi versinya. Tetapi jika di komputer kamu belum ada.Net Framework, tersedia juga installer yang menyertakan .Net Framework tersebut, hanya saja ukuran dile installernya lebih besar, sekitar 22,8 Mb. Bila komputer kamu sudah terinstal .Net Framework 3,5 SP1, maka tinggal mengunduh Re-Enable Lite yang ukurannya sekitar 773 kb. Kamu bisa mendapatkannya di http://www.tangosoft.co.uk/downloads.html.

Berikut adalah fitur-fitur Windows yang dapat dikembalikan oleh Re-Enable :
  1. Registry Editor (regedit)
  2. Command Console/Promp (cmd)
  3. System Restore
  4. Start Menu, Run Command
  5. Task Manager
  6. Task Scheduler
  7. Safe Mode, jalankan dari menu Tools
  8. Restore F8 Safe mode "XP only" jika "NTLDR has been modified"
  9. Menu klik kanan (contect menu)
  10. My Computer Properties
  11. Search di Folder Option Windows Explorer dan Menu
  12. MS Config (khusus WinXP)
  13. Restore Key Registry Explorer, dan sebagainya


download Re-Enable Portable








source : tabloid Komputek
edisi 711 Februari 2011