13 Alasan Mengapa Software Tidak Gratis

Akhir-akhir ini tampaknya semakin banyak masyarakat umum yang mengharapkan software dibuat gratis atau setidaknya murah. Mungkin Anda pernah bertanya, mengapa saya harus membayar sekian Rp, untuk sebuah software kecil yang tidak lebih besar dari 10Mb, kenapa tidak gratisan? Berikut 13 alasan menarik mengapa software tidak gratis yang saya temukan di blog wildchocolate.


  1. Sebagian besar software dibuat oleh perusahaan software kecil, yang berisi tidak lebih dari belasan orang, mereka mengkhususkan dirinya untuk membuat software, namun tidak memiliki keuntungan dan pedapatan sampai milyaran.
  2. Software tidak mudah untuk dibuat, khususnya membuat sebuah software yang mudah digunakan dan memiliki tampilan yang menarik.
  3. Sebuah software yang bagus akan membutuhkan waktu yang sampai berbulan bulan bahkan sampai tahunan, dan tidak ada yang jadi dalam semalam, seperti yang anda sering lihat di film.
  4. Software ini dibuat oleh orang yang bekerja, yang menyukai apa yang dia lakukan. Coba tanya pada diri Anda sendiri: Apakah anda dibayar untuk pekerjaan anda?
  5. Orang orang yang membuat software ini, memiliki pekerjaan tambahan setelah ada orang yang membeli software mereka, seperti memecahkan masalah bugs yang ada, mengajarkan klien untuk menggunakannya, dll.
  6. Tim ini terus bekerja untuk meningkatkan dan memperbarui software mereka untuk mengikuti perkembangan teknologi. Merupakan suatu proses yang berkesinambungan.
  7. Tidak semua pengembang perangkat lunak mencari investasi asing untuk membiayai proyek-proyek mereka. Pada kenyataannya, sebagian besar tidak.
  8. Tentu ada biaya dalam membuat perangkat lunak. Mereka harus membayar upah untuk programmer, sewa kantor, pembelian peralatan, iklan, publisitas, dll. 
  9. Software adalah suatu seni dan ilmu. Anda perlu orang yang memiliki bakat lebih, ahli dalam ilmu komputer, teknik, desain, untuk menciptakan produk yang berkualitas.
  10. Tidak semua orang ingin membuat publisitas buruk untuk membuat uang. Beberapa orang membenci iklan yang mengganggu. Dan tidak semua iklan cocok untuk proyek perangkat lunak.
  11. Jika Anda membayar untuk pakaian, gadget, tiket film, makanan, tiket pesawat, dll, mengapa tidak untuk sebuah software?  
  12. Tanpa software, komputer, laptop/notebook, iPad, atau perangkat apapun, akan sama sekali tidak berguna.
  13. Mereka sudah menentukan harga yang pantas untuk software yang dibuat, seperti sebuah toko roti yang telah mengkalkulasikan harga untuk sebuah roti agar tidak terlalu mahal, dan biaya pegawai, sewa toko, bahan roti dapat tertutupi dengan ada lebih untuk anak istri mereka.

Semoga setelah membaca ini, orang akhirnya mengerti bahwa perangkat lunak tidak diciptakan sendiri, ada orang di belakangnya, programmer, desainer, ahli yang telah mempelajari dan bekerja selama bertahun-tahun tergantung pada masa untuk menciptakan sesuatu yang bernilai dan berguna untuk dunia.

Software dibuat oleh orang-orang yang bekerja seperti Anda.  Mereka sering bekerja dalam tim kecil dan menempatkan banyak dari diri mereka sendiri, waktu, uang dan usaha untuk menciptakan itu, segalanya untuk mudah digunakan oleh orang lain, yang hampir tidak pernah menghargai nilai kerja mereka.

Tidak ada orang yang sempurna, dan tidak ada program yang sempurna, tetapi tidak semuanya. Jadi lain kali anda melihat sebuah program dengan biaya $10, dan sangat berguna bagi anda, ingatlah artikel ini dan BELI!







source : kasurkotor.com