Selamat Ulang Tahun Android

5 november merupakan hari yang bersejarah bagi industri smartphone dan tablet. Pada tanggal 5 november, 5 tahun yang lalu tepatnya pada 5 november 2007, Android resmi dirilis oleh Open Handset Alliance. Dan hari ini adalah ulang tahun yang kelima.


Beranjak dari bawah, Android kini meraksasa dengan jumlah pengguna mendekati angka 1 milyar. Sebuah capaian fantastis untuk sebuah OS smartphone yang awalnya dianggap remeh oleh kompetitor lainnya.

Pada debutnya, Android didukung oleh 2 operator besar telekomunikasi dunia yaitu NTT Docomo dan Sprint. Sementara untuk produsen ponsel yang bisa dibilang pionir untuk smartphone android ialah HTC dan Samsung.

Tak hanya itu, Open Handset Alliance yang mempunyai lisensi kepimilikan Android dan akhirnya dibeli oleh Google, pada awal mulanya hanya punya sebuah organisasi nirlaba yang banyak membidani lahirnya source code yang bersifat free untuk smartphone.

Saat ini Android diperkirakan punya lebih dari 54% pengguna di seluruh dunia. Dengan kerja keras Google sebagai pembesut Android, serta mitra-mitra dari produsen smartphone dunia seperti Samsung, HTC, ZTE, Sony, Motorola, dan beberapa lainnya, membuat Android kini makin sulit ditandingi.

Dimulai dari Android versi 1.5 Cupcake dengan smartphone pertamanya yaitu HTC Dream, Android memulai perjuangan dari bawah. Dan sampai saat ini sudah ada versi 4.2 Jelly Bean yang memperlihatkan Android terus berkembang, berevolusi dan berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat modern yang membutuhkan smartphone dengan OS yang handal.










source :
fastncheap