9 Situs Asyik untuk Pencinta Film

Kamu berencana ke bioskop akhir minggu ini untuk menonton film terbaru? Atau mungkin kamu adalah tipe pencinta film yang ke bioskop 3 kali seminggu dan mengoleksi ribuan DVD? Tipe yang manapun, 9 situs ini akan membuat kamu dapat lebih menikmati film.

9. Internet Movie Database


Internet Movie Database, atau IMDb, adalah situs yang diciptakan Col Needham 20 tahun lalu. Needham adalah seorang pencinta film yang saat itu bekerja di Hewlett Packard. Tahun 1999. IMDb.com memenangkan Webby Award dan kemudian diakuisisi oleh Amazon.com. Kini, IMDb adalah salah satu situs yang paling besar dan paling lengkap untuk segala hal yang berhubungan dengan film dan produksi film. Di situs ini kamu dapat menemukan data teknis film, data aktor/aktris, sutradara, quote, soundtrack, dan banyak lagi. Kamu melihat pemain film yang menarik di film yang baru ditonton? Tinggal klik situs tersebut dan bisa mendapatkan data lengkapnya. Dan tidak terbatas pada film Hollywood lho.

8. Situs bioskop Indonesia


Tentu saja, menonton di layar lebar lebih menarik dibandingkan di televisi. Karena itu, kamu tak boleh ketinggalan jadwal tayang film-film terbaru di bioskop Indonesia. 21Cineplex.com dan BlitzMegaplex.com adalah dua jaringan bioskop utama, dan situsnya tidak mengecewakan. Di kedua situs tersebut kamu bisa menemukan jadwal tayang, trailer, lokasi dan harga  tiket, info special showing dan promo menarik, bahkan membeli tiket secara online.

7. Video Estimated Time of Arrival


Disingkat Video ETA, situs ini mendaftar tanggal rilis film-film Hollywood dalam format DVD atau Blu-ray. Jika kamu ketinggalan tayang film terbaru di bioskop karena suatu alasan, maka satu-satunya cara menonton film tersebut adalah menunggu DVDnya dipasarkan. VideoETA dapat membantu menentukan kapan kamu perlu menyambangi toko DVD atau memesannya melalui channel favorit. Namun, perlu diingat bahwa tanggal di situs tersebut adalah tanggal rilis di AS.

6. Run Pee


Pepatah mengatakan, “Sedia payung sebelum hujan”. Maka, mungkin pepatah bagi penggemar film adalah “Sedia RunPee sebelum ‘hujan’”. RunPee hanya memiliki satu tuujan, mendukung kamu saat ingin buang air kecil di tengah-tengah film. Setiap film memiliki momen-momen kurang penting di mana tidak banyak action atau dialog penting yang terjadi. RunPee mendata momen-momen ini yang memungkinkan kamu untuk menggunakan kesempatan tersebut semaksimal mungkin untuk berlari ke toilet. RunPee dapat memberi tahu menit ke berapa kesempatan tersebut mulai, scene apa yang menandakan kesempatan tersebut, dan berapa lama waktu yang kamu miliki. kamu juga dapat membaca apa saja yang terjadi saat berlari ke toilet. Siapapun yang pernah menahan pipis sampai merinding di dalam bioskop pasti mengerti betapa bermanfaatnya situs ini. Situs utama RunPee cukup berat karena menggunakan Flash, karena itu jika mengakses dari piranti mobile, lebih baik menggunakan m.RunPee.com.

5. Vodo.net


Jika sudah puas dengan koleksi film kamu, tak ada salahnya melirik film produksi independen. Vodo.net adalah sebuah distributor film yang khusus merilis film dengan lisensi Creative Commons. Ini berarti, film tersebut bebas disebarluaskan oleh siapapun melalui channel apapun asalkan bukan untuk profit. Saat ini ada 43 film yang dipromosikan oleh Vodo, dan kebanyakan adalah film yang dibuat oleh sutradara baru. Namun, ada juga film berbobot yang didistribusikan melalui Vodo untuk menghindari badan sensor Amerika. Kebanyakan film ini didistribusikan dalam resolusi HD, dan semua bisa didapat menggunakan BitTorrent.

4. ReelSoundtrack


Pernahkan kamu selesai menonton film dan ternyata soundtrack salah satu scene film tersebut sangat bagus, tetapi tak tahu judul lagu itu? Hal ini sering sekali terjadi pada banyak orang, namun hanya sedikit penonton yang tahu ke mana harus mencari tahu info mengenai lagu tersebut. Atau mungkin kamu sudah mendapatkan data soundtrack film tersebut, tetapi tak tahu yang mana yang sebenarnya kamu tuju. ReelSoundtrack adalah sebuah blog yang mendata lagu-lagu yang digunakan dalam sebagian besar film. Tidak hanya itu, penulis blog ini juga mendata scene-scene spesifik di mana lagu-lagu itu diputar. Lebih lagi, penulis blog juga sebisa mungkin mencarikan link di mana kamu dapat membeli lagu dan juga sample lagunya, bahkan jika film tersebut memiliki 50 lagu!

3. FFlick


Kamu dapat menemukan banyak sekali situs film yang mengutamakan review user, seperti RottenTomatoes. Ini adalah yang disebut web 2.0, sebuah situs dari user untuk user. Namun, di situs semacam itu seorang user masih harus memiliki kemauan tinggi untuk menulis review. FFlick berpikir selangkah lebih jauh dan menggunakan Twitter sebagai agregasi review. Situs ini menelusur Twitter dan mendata film mana yang happening berdasarkan banyaknya tweet mengenai film itu. Lebih jauh lagi, situs itu dapat memecah data tweet setiap film, berdasarkan user yang menarik, tweet yang menyukainya, tweet yang tidak menyukainya, bahkan tweet user Indonesia saja. Jadi, kama bisa mendapatkan ribuan review dengan panjang 140 karakter atau kurang.

2. GetGlue


Jika FourSquare adalah situs wajib bagi tukang jalan, maka GetGlue adalah situs wajib bagi tukang nonton. Sama seperti Foursquare, di GetGlue kamu dapat melakukan check-in. Perbedaannya, kamu check-in ke film, tv show, musik, atau buku. Jika timeline Twitter sebagian besar berisi hashtag #nowplaying atau #nowwatching, maka kamu tak boleh ketinggalan GetGlue. Melalui situs ini kamu juga dapat secara otomatis mengupdate status ke Twitter maupun Facebook. Selain itu, sama seperti dalam FourSquare, kamu bisa mendapatkan hadiah berupa sticker achievement tergantung jumlah check-in.

1. JagatReview Movies


Salah satu sumber terbaik bagi movie-buffs adalah bagian movies JagatReview. Di bagian tersebut, diajikan review film-film terbaru tepat sehari sebelum tanggal tayang di bioskop. Ada juga review DVD-DVD pilihan, mengulas film festival di Indonesia, dan menghadirkan berita-berita terkini mengenai industri film Indonesia. Karena itu, jika akhir minggu ini kamu berencana ke bioskop, coba kunjungi sebagian situs-situs dalam list ini, dimulai dari bagian movies. Selamat menikmati!











source :
jagatreview