Tips Ringan Cara Mendinginkan Prosesor

Otak pada komputer terletak di prosesornya. Jika prosesor tidak dijaga dari panas berlebih sangat membahayakan karena dapat merusak perangkat prosesor itu sendir,i sehingga pekerjaan kita terhambat. Komputer dapet secara tiba-tiba restart sendiri dan bahkan hang seketika.

Berikut tips ringan cara mendinginkan prosesor dari panas yang berlebihan :

1. Pilih Heatsing Prosesor yang Tepat
Saat ini sudah banyak beradar dipasaran beraneka macam merk heatsink prosesor yang berkualitas. Bahkan beberapa diantaranya memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan heatsing bawaan prosesor itu sendiri. Pilih heatsing yang memiliki RPM tinggi, karena secara teori jika semakin besar rotasi kipas maka semakin besar pula semburan angin yang dihasilkan, dan semakin cepat pula udara panas yang bisa dibuang.


2. Gunakan Thermal Paste yang Berkualitas
Thermal paste adalah media penyalur kelebihan panas dari badan prosesor ke badan heatsink pendingin prosesor, sehingga dapat meningkatkan efektifitas penurunan suhu prosesor. Berfungsi juga untuk mencegah terjadinya percikan api dan panas yang overload sebagai efek dari gesekan badan prosesor dan heatsink secara langsung. Thermal paste yang kurang berkualitas tidak akan memiliki fungsi maksimal.


3. Posisi Casing di Tempat yang Pas
Letakkan posisi casing di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, jangan menempatkan casing di tempat yang tertutup karena tidak dapat membuang panas dari dalam casing sehingga panas menumpuk, salah satunya di badan prosesor.

4. Tata Kerapian Kabel Dalam Casing
Tatalah kerapian kabel dalam casing komputer. Jangan sampai kabel-kabel tersebut berantakan dan menghalangi sirkulasi udara dalam casing atau bahkan mengenai baling-baling fan prosesor. Cek dan periksalah dengan baik. Tempatkan kabel-kabel serapi mungkin.


5.Buka-Bukaan Saja Casingnya
Jika kamu ingin sirkulasi udara yang maksimal, buka saja penutup samping casing. Dengan begitu panas akan mudah dibuang dari dalam casing. Tapi satu hal yang perlu diingat, debu juga akan dengan mudah masuk kedalam casing bahkan komponen lainnya. Jika kamu ingin menggunakan cara ini, sebaiknya sering-sering membersihkan casing kamu dari debu.

6. Beri Tambahan Fan Pembuang Udara
Beli tambahan fan yang menyedot udara panas dari dalam casing untuk keluar. Harga fan ini tidak terlalu mahal, berkisar antara 10rb-25rb. Letakkan posisi fan secara terbalik, atau membuang udara keluar dari dalam casing.









source :
tips-komputer