Tips Membeli Casing Komputer Yang Baik

Casing merupakan tempat untuk menyimpan dan menaruh berbagai perangkat hardware dari komputer kita, seperti hardisk, memory, DVDrom, motherboard, power supply dan lain sebagainya. Memilih casing yang baik adalah salah satu solusi untuk mendapatkan casing yang memiliki performa yang berkualitas.


Ada begitu banyak merk casing di pasar. Masing-masing bervariasi dari harga hingga ukurannya. Jika pada generasi awal komputer kita kenal casing model desktop (tidur) sekarang lebih populer casing model tower (berdiri). Saat akan membeli casing komputer, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Merk casing dan power supply harus sama
Perlu kita ketahui bahwa casing komputer itu satu paket dengan power supply-nya. Sehingga jika kamu membeli casing dengan merk Simbadda pastikan power supply-nya juga Simbadda. Jika kamu membeli casing Dazumba maka power supply-nya harus Dazumba juga.

2.Sirkulasi udara baik
Casing yang baik harus memiliki sistem sirkulasi udara yang baik pula. Hal ini dikarenakan saat komputer bekerja ada konversi energi sampingan yaitu panas. Jika panas ini tidak bisa keluar dari perangkat komputer di dalam casing dengan baik, maka akan merusak komponen yang ada didalamnya. Salah satu akibat dari tidak baiknya sirkulasi udara pada casing adalah komputer hang atau ngadat karena prosessor kepanasan. Jadi pastikan saat membeli casing memiliki sikulasi udara yang baik.


3. Bahan casing berkualitas
Perhatian dengan baik bahan casing komputer. Jangan membeli casing dengan bahan yang buruk. Salah satu ciri dari casing yang berbahan buruk yaitu badan casing yang masih mengalirkan aliran listrik sehingga terkadang kita kena loncatan listrik (kesetrum). Bahan casing yang baik memiliki sistem grounding yang baik.

4. Ukuran casing sesuai dengan kebutuhan
Pastikan saat membeli casing kamu telah memiliki setidaknya rancangan alat yang akan ditempatkan didalamnya. Ukuran casing yang terlalu kecil akan menyebabkan peralatan menjadi berjubel didalam sehingga mengganggu sirkulasi udara.

5. Periksa kondisi casing sebelum Anda bawa pulang
Periksa terlebih dahulu kondisi casing saat kamu membelinya. Terkadang setelah memilih modelnya kita langsung diberi casing dari dalam kardus yang masih terbungkus segel. Periksalah kondisi casing tersebut sebelum membawanya pulang. Jangan sampai kamu harus membuang waktu lagi untuk menukar produk yang kamu beli karena rusak ataupun cacat fisik.





source :
tips-komputer