Safely Remove Hardware, Perlu Gak Ya?

Artikel kali ini akan membahas apa gunanya perintah “Safely Remove Hardware” itu, terutama di Windows XP/7. Kapan dan di mana dibutuhkan perintah ini demi menjaga keselamatan data-mu.

Ada fasilitas yang dapat mempercepat proses penyimpanan data yaitu write caching. Write cache atau write caching itu maksudnya proses penyimpanan data yang tidak secara langsung ke media simpan, melainkan memanfaatkan media simpan sementara yaitu cache miliknya Windows. Jadi proses ini bisa mempercepat proses simpan file atau dokumen.

Secara default fasilitas ini tidak diaktifkan khusus untuk media penyimpanan removable seperti harddisk eksternal dan USB drive lainnya. Jadi selama fasilitas ini tidak diaktifkan kamu tidak perlu klik “Safely Remove Hardware” sebelum mencabut drive removable. Karena saat proses simpan data atau file sudah langsung ke media penyimpanan.

Tetapi masalah menjadi berbeda bila kamu mencabut USB drive saat file sedang dibuka, tentu saja data yang kamu rubah terakhir tidak akan tersimpan di USB drive tadi.

Lalu bagaimana cara memastikan setting-an apa yang aktif saat ini? Ini caranya :
  • Buka My Computer, dan pilih drive removable-mu.
  • Klik kanan drive tadi dan kemudian pilih Properties.
  • Lalu klik tab “Hardware” dan pilih dari daftar yang mana drive removable-mu.


  • Kemudian klik untuk memilih drive tersebut dan klik Properties.
  • Selanjutnya pilih “Policies” dan lihat setting apa yang aktif. Jika yang terpilih opsi teratas (Optimize for Quick Removal) berarti write caching tidak aktif dan sebaliknya bila opsi kedua yang terpilih (Optimize for Performance).



Apapun ceritanya, mencabut removable device tanpa proses di atas tidak akan pernah bisa merusak hardware, tetapi hanya merusak data yang dipergunakan saat itu saja, seperti corrupt data atau sejenisnya. Jadi kalau USB drive menjadi tidak terdeteksi itu bukan karena hal ini.






source :
tips komputer dan internet