Tips Membedakan Flashdisk Kingston Asli & Palsu (Part 2)

Pada posting sebelumnya saya sudah memberikan perbandingan antara Flashdisk Kingston tipe DataTraveler 100 asli dan yang palsu. Dan kali ini masih mengenai produk Kingston abal-abal yang masih banyak ditemukan dipasaran. Di posting kali ini saya juga akan memberikan sedikit perbandingan produk Kingston, khususnya tipe DataTraveler 101.

Kenapa Kingston yang saya sorot pada posting ini dan sebelumnya ? Karena sebagian besar pengguna Flashdisk banyak yang memakai merk ini sebagai media penyimpan data mereka. Karena kepopulerannya pula, banyak celah yang dimanfaatkan para produsen Flashdisk untuk membuat tiruan Kingston yang sangat mirip dengan produk aslinya.


Perbedaan pertama yang langsung nampak adalah pada kemasan, produk Kingston palsu berusaha mengelabui pelanggan dengan membuat kemasan yang mirip (GBR.1). Agar lebih meyakinkan, kemasan diberi embel-embel tambahan seperti "Windows 7 Compatible" dan banyak lagi padahal kemasan yang asli cuma mencantumkan tanda garansi 5 tahun.




Perbedaan kedua adalah perbedaan kualitas sablon logo. Sablon pada produk Kingston yang asli lebih jelas dan tidak pudar jika dibandingkan dengan sablon pada produk Kingston yang palsu (GBR.2 dan GBR.3).

Produk Kingston palsu juga terasa lebih kasar dan tidak sehalus produk Kingston yang asli. Perbedaan akan langsung terasa ketika Anda memegang kedua produk secara bersamaan.

Kerugian membeli produk flash disk Kingston palsu adalah : - Garansi tidak terjamin. - Transfer rate / kecepatan transfer data yang rendah dan tidak stabil. - Sering terdapat error ketika digunakan. - Kapasitas yang tercantum tidak sama dengan kapasitas yang bisa digunakan. - Mutu produk yang rendah dan tidak dapat diandalkan.









source : fadiLL_gO_kiLL.blogspot