Tips Perawatan Notebook

Mobilitas yang tinggi menuntut sebagian besar pengguna komputer untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dimana saja dan tetap terhubung dengan rekan kerja secara online. Dan kebutuhan akan perangkat mobile seperti notebook menjadi semakin tinggi. Untuk menjaga kinerja dan ketahanan notebook kamu, coba saja beberapa tips berikut :


Perhatikan sirkulasi udara
Agar notebook awet, pastikan selalu pada kondisi yang aman dari panas. Aliran udara yang bagus, dikarenakan notebook sangat rentan terhadap debu dan panas. Banyak masalah notebook yang terjadi dikarenakan masalah panas ini. Jangan gunakan notebook di tempat tidur atau tempat yang memiliki permukaan yang lembut. Dikarenakan permukaan yang lembut mengakibatkan ketika laptop diletakkan diatasnya akan menutup aliran udara pada bawah laptop sehingga laptop akan menjadi panas karena tidak ada aliran udara. Kamu bisa menambahkan Cooling Pad jika kamu rasa suhu notebook kamu masih panas.

Perhatikan pemakaian baterai
Agar baterai awet untuk pemakaian yang lama dan kecendrungan listrik stabil tidak mati hidup, lebih baik baterai dilepaskan saja agar tidak diisi terus oleh listrik. Dan jangan paksakan baterai dalam kondisi habis benar. Kalau sudah hampir habis pastikan notebook dimatikan atau segera dicharge, jangan sampai menunggu mati sendiri karena keabisan baterai. Kalau bisa ketika mencharge, notebook dalam kondisi mati dan apabila sudah penuh segera dicabut. Biasanya notebook memiliki indikator lampu yang dapat kita gunakan sebagai tanda kalau proses pengisian sudah selesai.

Bersihkan layar LCD secara teratur
Layar boleh dikatakan sebagai elemen notebook yang paling mahal dan berharga. Karena itu berilah perhatian lebih pada layar notebook kamu. Bersihkan layar secara teratur dengan menggunakan kain yang sangat lembut. Jangan sekali-kali menggunakan kain kasar yang ada motifnya karena bisa membuat goresan pada layar notebook. Kalau kamu ingin menggunakan cairan pembersih, jangan semprotkan cairan tersebut langsung pada layar, tapi cukup semprotkan pada kain yang akan digunakan untuk membersihkan layar. Selain itu pilihlah cairan pembersih khusus jangan memakai sembarang pembersih.

Jaga Notebook dari debu dan cuaca
Hindari pemakaian notebook di tempat yang berdebu misal di jalan raya. Bersihkan secara teratur notebook kamu dari debu. Dan pakailah pelindung/cover saat menyimpan notebook sehingga terbebas dari debu. Selain itu perhatikan cuaca saat memakai lnotebook, jangan menggunakannya di tempat yang ekstrim panas ataupun sebaliknya cuaca yang terlalu dingin. Sederhananya, ketika tubuh kamu merasa nyaman dengan cuaca suatu tempat/daerah, maka notebook pun akan merasakan demikian. Tapi ketika merasa gerah/kepanasan atau kedinginan dengan cuaca suatu tempat, maka sebaiknya kamu menghindari pemakaian notebook di tempat seperti ini.

Gunakan Cover dan tas khusus
Gunakan cover atau bungkus notebook agar tidak rusak karena terbentur apabila dibawa menggunakan tas. Dan juga pastikan ketika membawa jangan sampai tertindih karena tas yang penuh, ini dapat merusak LCD notebook tersebut. Juga sebisa mungkin hindari meletakkan benda-benda berat diatas notebook ketika dalam keadaan tertutup. Komponen seperti LCD dan hardisk sangat rentan terhadap tekanan.

Simpan kelengkapan Notebook
Jaga baik-baik master program dan driver bawaan dari notebook karena apabila hilang akan susah bagi anda untuk mencari driver-driver notebook anda tersebut.

Jangan sentuh Optik DVD atau CD Drive
Ketika akan memasukan sebuah media DVD atau CD sebaiknya berhati-hati, jangan sampai jari kamu tanpa sengaja menyentuh optik dari DVD atau CD Drive yang akan menyebabkan DVD/CD Drive notebook kamu tidak bisa membaca media DVD/CD.

Rawat baik-baik Keyboard dan Touchpad Notebook
Kalau anda terbiasa mengetik dengan sangat cepat dengan tekanan yang keras saat menggunakan keyboard biasa, sebaiknya jangan anda lakukan ketika anda mengetik di notebook. Keyboard biasa dengan Keyboard notebook sangat jauh berbeda. Keyboard notebook lebih sensitif dan rentan sekali dibandingkan keyboard biasa.
Begitu pula sama hal-nya dengan touchpad. Jangan mengetuk terlalu keras pada touchpad, karena komponen ini sangat sensitif.

Jauhkan Notebook dari peralatan yang memancarkan arus Magnetik
Hindari memakai notebook di tempat yang mempunyai tekanan magnetik cukup tinggi. Paling tidak letakkan notebook kamu 30 cm dari peralatan seperti televisi, microwave yang mempunyai tekanan magnetik tinggi.

Hati-hati jika meminjamkan Notebook ke orang lain
Bukan karena alasan terlalu curiga. Namun notebook adalah barang pribadi sama halnya dengan handphone. Dan pastinya kamu sering menyimpan data/file pribadi yang tentunya tidak ingin diketahui dan disebarluaskan oleh orang lain.







source : dari berbagai sumber