Tips Berbelanja Online

Semua orang mulai familiar untuk berbelanja di Internet. Saat ini, teknologi Internet sudah berkembang pesat di Indonesia. Setiap tahun mulai mengalami pertumbuhan yang sangat baik. Makin canggihnya setiap piranti seperti laptop yang berukuran kecil dengan fitur yang lengkap juga membuat orang semakin mudah untuk terhubung ke internet. Bahkan pengguna Twitter di Indonesia menduduki peringkat ke 2 di dunia.


Maraknya sosial network seperti situs Facebook, Google Plus, Foursquare, dan Twitter membuat orang semakin mudah berhubungan satu sama lain. Facebook tentu bisa sangat mudah menjadi berkah tersendiri bagi orang-orang yang bisa memanfaatkannya. Banyak orang berbisnis online menggunakan Facebook karena cukup mudah untuk di gunakan siapa saja.

Kelebihan
Jika di simak lebih jauh, kelebihan dari berbelanja online memang cukup jadi prioritas utama. Dengan berbelanja online kita tidak perlu lagi keluar rumah karena semua bisa di lakukan hanya dengan meng-klik mouse. Sangat mudah membandingkannya, baik membandingkan model baju atau pun produk-produk dan barang lainnya. Masalah harga juga bisa kita bandingkan lebih mudah. Pembayarannya juga bisa di lakukan Via mobile banking atau pun Internet Banking dari rumah juga.



Kekurangan
Kekurangan dari berbelanja online adalah kita sebagai konsumen tidak dapat merasakan barang yang akan dibeli. Sebagai contoh disini misalnya kita akan membeli baju, nah kita tidak akan bisa mencoba baju yang akan dibeli. Dalam memilih barang memang kita diharuskan berhati-hati dan sangat teliti dalam memilih. Sebab jika terjadi kesalahan yang disebabkan oleh kita, maka kita sendiri yang harus menanggung resikonya.



Tips
Ada beberapa tips untuk berbelanja aman di Internet:
  • Cari data-data mengenai toko online, misalnya tentang reputasinya, testimonialnya dari para pembeli.
  • Kita bisa mencari reputasi toko tersebut dari Google atau Search Engine lainnya.
  • Cari kebenaran toko online tersebut dari Facebook, misal nya testimonial dari para pembeli yang ada di Facebook toko online tersebut.
  • Gunakan Rekening Bersama yang terpercaya agar transaksi aman.
  • Usahakan sebisanya agar mengetahui letak lokasi atau alamat toko online tersebut.
  • Bila di perlukan, kita bisa mendatangi toko tersebut.
Setelah mengetahui beberapa tips di atas, kita dapat menyimpulkan sendiri apakah toko tersebut layak di percaya atau tidak.









source :
fast & cheap